Edarkan Narkoba, Warga Wonoayu Diringkus Polsek Buduran

BUDURAN – Ulim Riyanto, (36) warga Desa Tanggul, Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo berhasil diringkus tim gabungan dari Unit Narkoba Polsek Buduran dan Dirnarkoba Polda Jatim saat hendak mengedarkan narkoba jenis sabu-sabu.

Kapolsek Buduran Kompol Saibani mengatakan, bapak empat anak ini merupakan Target Operasi (TO) petugas. Sebelum diamankan, petugas melakukan pengintaian saat tersangka mengambil barang haram tersebut melalui sistem ranjau (komunikasi rahasia) di daerah Taman.

“Setelah kami buntuti sampai dirumahnya, langsung kami lakukan penggerebekan. Dari hasil penggerebekan itu petugas berhasil mengamankan narkoba siap edar masing-masing seberat 0,64 gram dan 0,28 gram di saku celananya,” ucapnya, Rabu (09/08/2017).

Atas perbuatannya, seorang yang bekerja sebagai security di perusahaan kayu tersebut diancam dengan pasal 112 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika. “Tersangka terancam dengan kurungan maksimal 12 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 8 miliar rupiah,” katanya.

Sementara itu, dihadapan penyidik pelaku mengaku nekat mengedarkan sabu-sabu tersebut karena terhimpit ekonomi. Menurutnya, sebagai security keamanan pabrik, gajinya tidak mencukupi kebutuhan keluarganya. “Gaji saya hanya Rp 750 ribu perbulan dan tidak cukup. Makanya saya nyambi jualan sabu karena satu gramnya saya untung Rp 350 ribu,” akuhnya.(alf)