Cegah Faham Radikal, Kapolresta Sidoarjo Kumpulkan Ratusan Takmir Masjid

Agustus 10, 2017

SIDOARJO – Guna mencegah faham radikalisme, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu aji mengumpulkan ratusan takmir masjid se Kabupaten Sidoarjo di Aula Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakespangpol) Kabupaten Sidoarjo, Kamis (10/08/2017).

Dalam kegiatan yang bertajuk “Meningkatkan Kewaspadaan Terhadap Faham Radikalisme Bagi Takmir Masjid se Kabupaten Sidoarjo itu”, Kapolresta memberikan materi terkait peran Polri dalam penanganan dan pencegahan paham radikalisme, yang mana hal itu sesuai dengan UU No. 2 tahun 2002.

“Tugas pokok polri yakni menjaga Harkamtibmas, Penegakan Hukum, Melindungi, Melayani dan Mengayomi Masyarakat demi terbinanya ketentraman dengan menjunjung tinggi HAM,” ucap Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji.

Dalam penjelasannya, radikalisme muncul dari aksi penolakan, perlawanan dan keinginan untuk merubah sesuai dengan doktrin agamanya. Selain itu, juga beberapa faktor, antara lain pemahaman yg keliru atau sempit tentang ajaran agama, ketidak adilan sosial dan diskriminasi, kemiskinan/ekonomi, dendam Politik, kesenjangan sosial serta nafsu berkuasa.

“Nah maka dari itu, kami berharap kepada peserta nanti agar dapat menjadi filter terhadap dirinya dan lingkungannya dari paham Radikalisme dan bisa menjaga Kamtibmas,” pungkasnya.(alf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *