Penasaran, Warga Datangi Situs Sumur Kuno di Balongbendo

Juli 8, 2017


(BALONGBENDOterkini) – Penemuan situs berbentuk bulat menyerupai sumur di Dusun Ciro Wetan, Desa Bakung Temenggungan, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo, Selasa (04/07) kemarin, kini mulai dipadati pengunjung, Sabtu (08/07/2017).

Menurut pantauan sidoarjoterkini.com, puluhan pengunjung itu dari berbagai daerah. Seperti, Sidoarjo, Mojokerto maupun Gresik. Kedatangan mereka, selain penasaran dengan temuan situs tersebut, juga ingin mengambil airnya.

“Penasaran, ingin tahu saja bentuknya seperti apa. Soalnya, di daerah sini masih banyak sumur-sumur kuno seperti ini,” ucap Imron (29), salah satu pengunjung.

Senada yang diucapkan oleh M. Amin (28), warga Prambon. Ia mengunjungi sumur itu karena penasaran dengan kandungan kadar air yang ada didalamnya. “Penasaran saja. Apa kadar airnya sama dengan penemuan di Urangagung,” terangnya.

Sementara itu, Agus Subandriyo, penggiat benda kuno meminta kepada pihak terkait untuk memperhatikan temuan-temuan situs kuno yang kerap ditemukan di Kabupaten Sidoarjo. Supaya, situs-situs kuno yang ditemukan bisa terjaga dengan baik.

“Kami berharap ada perhatian dari pemerintah. Agar, situs-situs yang ditemukan selama ini bisa terawat serta bisa dimanfaatkan. Seperti sumur kuno ini, kalau di jaga dan dirawat, kami yakin bermanfaat untuk masyarakat tanpa menghilangkan bentuk aslinya,” harapnya.(alf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *