Situs Jenggala Kembali Ditemukan Warga


(BALONGBENDOterkini) – Warga Dusun Ciro Wetan, Desa Bakung Temenggungan, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo temukan dugaan situs pada zaman kerajaan jenggala dipersawahan desa setempat, Selasa (04/07/2017).

Situs yang berbentuk bulat menyerupai sumur itu, mempunyai diameter 50 centimeter dengan kedalaman 2,05 meter. Ketebalan batu bata itu, berukuran 8 centimeter dan berbentuk melengkung bercorak dua garis serta ditemukan kepingan tembikar kuno.

Situs dipersawahan tanaman terong itu pertama kali ditemukan Sariali (60), seorang pembuat sumur untuk menyirami tanaman yang disewa Sumantri (38) warga Dusun Watesrowo, Desa Sumokembangsri, Kecamatan Balongbendo.

“Waktu saya gali sekitar 80 centimeter, ternyata ada batu bata itu. Tapi tidak saya teruskan karena takut ada apa-apa, sehingga saya gali sebelahnya,” ucap Sariali.

Setelah itu, lanjut Sariali, langsung memberitahukan kepada Sumantri atas temuan itu. Karena penasaran, galian tersebut diteruskan sehingga terdapat tumpukan batu bata berbentuk bulat menyerupai sumur.

Dugaan situs itu, diperkuat dengan adanya temuan tumpukan batu bata yang sebelumnya juga ditemukan tidak jauh dari temuan awal. Hanya saja temuan yang kedua terdapat tumpukan batu bata berbentuk memanjang.

“Disinyalir ada bangunan-bangunan lain disekitar temuan ini. Karena seratus meter dari situs berbentuk bulat, ada situs lain yang memanjang di persawahan ini,” ucap Agus Subandriyo, seorang penggiat benda-benda kuno.(alf)