Peduli Lingkungan, Mahasiswa Unusida Tukarkan Bibit Pohon Dengan Sampah

Juni 19, 2017

(SIDOARJOterkini)- Banyaknya sampah rumah tangga yang di buang sembarangan di Kabupaten Sidoarjo, semakin hari makin memprihatinkan.

Melihat fenomena tersebut, Mahasiswa Universitas Nahdatlul Ulama Sidoarjo (Unusida) memunculkan gagasan yang menarik, dengan tujuan agar di Sidoarjo kondisi sampah rumah tangga bisa diatasi.

Tawaran yang dilakukan oleh Mahasiswa Fakultas Teknik Lingkungan itu adalah memberi satu bibit pohon siap tanam untuk ditukarkan dengan sampah rumah tangga.

“Ketentuannya, masyarakat harus menukar 3 botol sampah plastik atau 1 kresek penuh sampah, baru kami tukar dengan satu bibit tanaman,” kata Mokhammad Yahya, salah satu Mahasiswa Unusida, Senin (19/6/2017).

Yahya menambahkan, para aktivis lingkungan ini bertujuan mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

“Adanya program sistem barter sampah dengan pohon ini, kami berharap masyarakat bisa menjaga dan merawat lingkungan dengan baik,” tandasnya.

Untuk menjalankan program ini Para Aktifis lingkungan itu menyediakan sekitar 200 bibit pohon untuk ditukar dengan sampah, tepatnya di Alun-alun Sidoarjo saat bulan Ramadhon. Namun sayangnya, bibit pohon itu kini sudah habis diserbu masyarakat.

“Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias menukarkan sampah dengan bibit pohon ini, pada Sabtu, (17/6/2017) kemarin, semua (bibit pohon) sudah habis,” jelasnya.

Yahya berharap, adanya program barter sampah dengan bibit pohon bisa membangkitkan kesadaran masyarakat peduli terhadap lingkungan. “Semoga kami mendapat persediaan banyak bibit pohon lagi, agar tetap bisa konsisten melakukan kegiatan seperti ini,” tutupnya.(mhm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *