Selama Mudik Lebaran, Peserta BPJS Bisa Berobat Dimanapun

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Sidoarjo Dwi Hesti Yuniarti


(SIDOARJOterkini)- BPJS Kesehatan selama lebaran tahun 2017, merubah kebijakan tentang prosedur pelayanan. Peserta JKN-KIS yang sedang mudik lebaran, bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih mudah.

Untuk itu, peserta JKN-KIS yang akan mudik diimbau untuk selalu membawa Kartu JKN-KIS (Kartu Indonesia sehat, Kartu Kasehatan, Kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat/KJS dan Kartu Jamkesmas).

“Peserta JKN-KIS bisa berobat diluar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS setempat,” ujar Kepala Cabang BPJS Kesehatan Sidoarjo Dwi Hesti Yuniarti, Kamis, (15/7/2017).‎

Hesti mengatakan, dalam kondisi darurat maupun non darurat Peserta JKN-KIS dapat langsung berobat ke IGD Rumah Sakit terdekat yang bekerjasama dengan BPJS.

Hesti menambahkan, penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak 19 Juni sampai dengan 2 Juli 2017. Bagi para peserta yang sakit dalam perjalanan mudik maupun telah sampai tujuan. “Pelayanan ini hanya berlaku bagi peserta yang sedang mudik dan status kepesertaan aktif,” jelasnya.

Masih menurut Hesti, selama libur Lebaran 2017, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400 untuk mendaftar menjadi paserta, memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS (mutasi dan aktivasi).

“BPJS Kesehatan Care Center 1500400 hadir 7×24 jam, sementara layanan konsultasi kasehatan dapat diperoleh pada Senin – Jumat pukul 07.00-20.00 WIB,” pungkas Hesti. (mhm)