Pengembang Kesulitan Jual Rumah Murah di Sidoarjo, Ternyata Ini Penyebabnya

Juni 7, 2017
Ekbis Headline Indeks   47 views

Ilustrasi

(SIDOARJOterkini)- Pengembang perumahan di Kabupaten Sidoarjo kesulitan menjual rumah rumah. Pasalnya, ada aturan untuk luasan rumah minimal 90 m2.

Padahal, harga rumah di Sidoarjo semakin tahun melambung tinggi. “Kalau aturannya luasan rumah minimal 90 m2, maka tidak mungkin di Sidoarjo ada rumah murah atau kelas RSS,” ujar salah satu pengembang perumahan yang enggan disebut namanya.

Saat ini harga rumah paling murah di Sidoarjo kisaran Rp 300 juta. Untuk mencari rumah dibawah Rp 200 juta bisa dikatakan sudah tidak mungkin.

Berbeda dengan daerah lainnya, seperti di Kabupaten Malang, luasan mininal rumah 60m2. Dengan luasan tanah seperti itu masih dimungkinkan untuk membangun rumah type Rumah Sangat Sederhana (RSS).

Harganya pun bisa ditekan, dibawah Rp 200 juta. “Sekarang kalau karyawan biasa di Sidoarjo sudah tidak mungkin ambil KPR di Sidoarjo, karena harganya mahal,” tegas pengembang tersebut.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) Kabupaten Sidoarjo Susilo Effendy mengatakan anggota REI tidak boleh membangun perumahan yang untuk ukuran luasnya di bawah 90 M2. Karena aturannya demikian, luasan rumah minimal 90m2.

Pembangunan rumah minimal harus 90 M2 atau di atasnya. “Kami sudah lakukan teguran terhadap anggota REI yang nakal dan melanggar aturan tersebut,” jelasnya.

Dia menambahkan, saat ini ada 220 anggota yang tergabung dalam DPD REI Sidoarjo. Namun, dari ratusan anggota tersebut ada yang pernah melakukan pelanggaran dan sudah ditegur. “Kami ingin Pemkab Sidoarjo juga bisa memonitoring sehingga jika ada pelanggaran dari anggota REI juga bisa melakukan peringatan,” ujar Susilo.

Susilo meminta anggota REI membantu untuk merealisasikan pembangunan perumahan yang layak dan nyaman. Hal tersebut menajdi pedoman dalam pelayanan perumahan dari anggota REI. “Kami tidak asal buat rumah tetapi juga mengutamakan keamanan dan kenyamanan,” tuturnya.(st-12)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *