Terdakwa Kasus Pembunuhan Janti Terancam Hukuman Berat


(SIDOARJOterkini)- Terdakwa kasus pembunuhan, Subhan (38) warga Desa Janti RT 20/RW 01 Kecamatan Waru bakal mendekam lama di penjara. Subhan yang ditangkap karena membunuh tetangganya Solikin (34) pada 9 desember 2016 tersebut terancam hukuman 20 tahun penjara.

Dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Sidoarjo, Kamis (18/5/2017), terungkap bahwa motif pembunuhan yang dilakukan terdakwa karena sakit hati. “Terdakwa dikenai pasal 338 dan 340 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara,” kata Jaksa Penuntut Umum Sri Wahyuni.

Dari dakwaan yang dibacakan, terdakwa merasa sakit hati karena dihina. Ejekan dan hinaan yang sering dilakukan oleh korban membuat terdakwa marah dan sakit harti. Karena itu, sekitar pukul 16.00, korban yang melintas di belakang rumah terdakwa langsung dihabisi.

Sri mengungkapkan, terdakwa dengan sengaja menghabisi korban. Dari keterangan sejumlah saksi, terdakwa juga bisa terancam dengan pasal pembunuhan berencana. “Karena itu kita juga kenakan pasal 340,” ujarnya.

Penasihat Hukum Henrie Awham Sutikno mengatakan, saat ini pihaknya menyiapkan saksi untuk meringankan kliennya. Di antaranya untuk mengungkap agar terdakwa tidak merencanakan pembunuhan tersebut. “Terdakwa juga langsung menyerahkan diri usai membunuh,” terangnya.

Seperti diketahui, pada 9 Desember 2016 warga Desa Janti RT 20 RW 1, Kecamatan Waru geger. Solikin ditemukan tewas dengan luka tusukan di dada sebelah kiri.(mhm)