Jelang Ramadhan, Bulog Gencar Operasi Pasar Murah


(BUDURANterkini) – Sepekan menjelang Bulan Ramadhan, Perum Bulog Sub Divisi Regional Surabaya Utara yang berada di Kecamatan Buduran, Sidoarjo menggelar operasi pasar melalui Gerakan Stabilisasi Pangan, Kamis (18/05/2017).

Kegiatan Operasi Pasar (OP) ini, dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Mengingat harga kebutuhan pokok selalu naik saat Bulan Ramadhan tiba. Selain itu, kegiatan ini dilakukan untuk menstabilkan stok dan harga pangan ditingkat konsumen.

“Biasanya, harga kebutuhan bahan pokok akan terjadi lonjakan saat menjelang puasa,” ungkap Irlia Dwi Putri, Wakil Kepala Sub Divre Surabaya Utara.

Ia memastikan bahwa untuk stok hingga lebaran nanti masih aman. “Kami lakukan di 15 titik seperti di pusat keramaian, pasar, asosiasi outlet pangan pemerintah atau Rumah Pangan Kita (RPK). Insya allah aman sampai lebaran dan ini akan terus kami lakukan untuk menekan harga yang cukup signifikan,” katanya.

Persaingan harga dipasaran dengan harga melalui gerakan stabilisasi pangan jelas membawa dampak yang luar biasa. Alasannya, selisih yang ditawarkan berkisar antara Rp. 500 hingga Rp. 2 ribu rupiah. Bahkan, untuk Bawang putih selisihnya mencapai Rp 10 ribu.

“Yang paling signifikan saat ini adalah harga bawang putih. Jika dipasaran dijual dengan harga Rp. 48 sampai 50 ribu, maka kami menjualnya dengan harga Rp. 38 ribu perkilogramnya,” jelas Irlia.

Kebutuhan pokok yang akan didistribusikan Bulog Sub Divre Surabaya Utara, diantaranya beras medium seharga Rp. 8.800 Per kilo, dan beras premium Rp. 10.250, gula pasir Rp. 12.200, bawang merah Rp. 21.000, bawang putih Rp. 38.000, minyak goreng Rp. 11.000, tepung Terigu Rp. 7.500 dan telur Rp. 19.500 perkilo.

Sementara, untuk persediaan stok dalam kegiatan ini, Bulog Divre Surabaya Utara menyediakan 1 ton beras, 15 ton gula, 700 kg bawang merah, 1 ton bawang putih, dan 3.500 liter minyak goreng, 15 ton gula dan 100 kg telur.alf