Diduga Pungli Perizinan, Pegawai Pemkab Sidoarjo Ditangkap Tim Saber Pungli


(SIDOARJOterkini) – Tim saber pungli Satreskrim Polresta Sidoarjo kembali memeriksa seorang pegawai yang diduga melakukan praktek Pungutan Liar (Pungli), Jum’at (12/05/2017). Pegawai tersebut yakni bernama Anwar, seorang staf administrasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Sidoarjo.

Menurut informasi yang dihimpun, tim saber pungli yang berjumlah lima orang melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) sekitar pukul 13.00 WIB. Hasil OTT itu, petugas mengamankan seorang pegawai. “Usai Jumatan tadi ada sekitar lima polisi yang datang, tadi kantor sempat ramai,” ucap salah satu pegawai yang enggan disebutkan namanya.

Setelah mengamankan pegawai itu, beberapa petugas yang masih di lokasi juga melakukan penggeledahan. “Iya, kami pulang lebih awal. Biasanya pulang pukul 16.00. Tapi kali ini pulang pukul 14.30,” tambahnya.

Sementara itu, Kasatreskrim Polresta Sidoarjo Kompol Muhammad Harris membenarkan adanya satu pegawai dinas yang diamankan. Sejauh ini yang bersangkutan masih diperiksa oleh penyidik. “Dasarnya adalah adanya indikasi adanya perbuatan melanggar hukum,” ungkap Harris.

Ia menambahkan, penangkapan itu berawal saat pihaknya mendapat laporan dari masyarakat yang menjadi korban pungli. Setelah ditindak lanjuti, pegawai tersebut tertangkap tangan. “Masih diperiksa, peranannya kami dalami terlebih dahulu sambil mengoptimalkan barang bukti. Nanti segera kami rilis,” paparnya.(alf)