Lestarikan Budaya, Ratusan Perahu Ikuti Tradisi Petik Laut di Desa Banjarkemuning

(SEDATIterkini) – Sebagai ucapan rasa syukur para nelayan di Desa Banjar Kemuning, Kecamatan Sedati, Sidoarjo, ratusan warga menggelar upacara adat dan ritual berupa petik laut di muara, Sabtu (29/04/2017).

Acara petik laut yang dimulai sekitar pukul 09.21 WIB itu sangat meriah. Terbukti dari keantusiasan ratusan warga yang mayoritas mata pencahariannya sebagai nelayan dan petani tambak, ikut mengiringi larung sesaji ke tengah-tengah laut dengan menggunakan 120 perahu.

Selain itu, tarian-tarian asli Desa Banjar Kemuning yakni Tari Turen dan Tari Banjar Kemuning yang ditarikan oleh anak-anak Desa setempat serta sepasang ondel-ondel yang diiringi musik patrol, juga turut serta memeriahkan acara sedekah laut tersebut.

Kades Banjar Kemuning, Zainul Abidin mengatakan, kegiatan petik laut atau sedekah laut ini, merupakan kegiatan tahunan yang digelar pada setiap Bulan Ruwah. Hal itu dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas hasil ikan yang diperoleh para nelayan.

“Petik laut ini merupakan rasa syukur kami, warga Desa Banjar Kemuning yang mayoritas sebagai nelayan dan petani tambak kepada Tuhan yang maha kuasa dan kami lakukan dalam bentuk budaya,” katanya.

Dalam petik laut tersebut, para nelayan berharap agar diberi keselamatan, hasil tangkapan ikan melimpah dan berkah. “Semoga di tahun depan, para nelayan khususnya Desa Banjar Kemuning mendapatkan tangkapan ikan yang melimpah dan berkah,” pungkasnya.(alf)