500 Santri Manba’ul Hikam Putat Tanggulangin Siap Bersihkan Lokasi Istighosah Kubro

Santri Man’baul Hikam Putat, Kecamatan Tanggulangin saat acara bersih lingkungan beberapa waktu lalu

(SIDOARJOterkini)- Ada yang menarik dalam pelaksanaan Istighosah Akbar yang diselenggarakan PW NU besok. Pasalnya Aliansi Santri dan Alumni Pon-pes Manba’ul Hikam Putat Kec. Tanggulangin membentuk relawan peduli sampah dengan diberi nama Sapu Bersih Sampah (SBS). Hal itu dilakukan mengingat Ratusan ribu manusia akan berkumpul di lapangan GOR Delta Sidoarjo.

Seperti disampaikan Salah satu satu santri senior Nahwan Mas’udi, relawan ini dibentuk sebagai rasa kepedulian santri terhadap kebersihan mengingat banyaknya peserta Istighosah. “Mulanya ide ini diusulkan oleh Pengasuh kami KH. Chabibul Mahbub, kemudian dibentuklah SBS yang di koordinatori langsung oleh pengasuh kami juga yakni KH. Abdul Wahid Harun yang juga salah satu Rois Surya PC NU Sidoarjo,” katanya kepada sidoarjoterkini.com. Sabtu, (8/4/2017).

Nahwan juga menjelaskan relawan SBS ini rencanya jalan kaki dari Asrama santri yang berada di Desa Putat Kec. Tanggulangin menuju GOR Sidoarjo, yang akan diikuti oleh 500 Santri dan alumni yang akan disebar di area Istighosah. “500 santri akan kita bentuk menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok berjumlah 10 santri yang akan di sebar di beberapa titik lokasi Istighosah,” jelasnya.

Masih menurut Nahawan, relawan SBS akan di bekali peralatan seadanya, “Tiap kelompok akan dibekali kantong plastik hitam besar,masker, ID Card, mobil gerobak sampah, pita merah putih di lengan dan juga kopyah sebagai identitas santri,” pungkas santri yang akrab dengan motor scooter itu.(mhm)