Ingin Tahu Seluk Beluk Pemilu, Silahkan Datang ke Rumah Pintar Pemilu KPU Sidoarjo

April 5, 2017


(SIDOARJOterkini)- KPU Kabupaten Sidoarjo membuka Rumah Pintar Pemilu (RPP) Pendopo Delta, Rabu (5/4/2017). Selain bisa belajar simulasi coblosan, di RPP KPU Sidoarjo yang berada di Jalan Raya Cemengkalang No 1 Sidoarjo itu juga bisa menonton film sejarah pemilu.

Siapapun bisa datang ke RPP Pendopo Delta. Baik kalangan parpol, pelajar maupun warga biasa. Terutama bagi pemilih pemula bisa belajar terkait pemilu di RPP.

Ketua KPU Sidoarjo, Zainal Abidin mengatakan RPP Pendopo Delta dibangun sebagai media pembelajaran demokrasi dan pemilu. Beragam kalangan, diantaranya bisa belajar mengenai pemilu dengan langsung melakukan simulasi coblosan. 

Pengunjung juga bisa membaca beragam koleksi buku mengenai demokrasi dan pemilu, baik Pemilihan Legislatif, Pemilihan Presidan dan Pemilihan Kepala Daerah. “Selain melalui RPP, kami juga sosialisasikan terkait pemilu ke sekolah-sekolah. Khususnya pemilih pemula,” ujar Anggota KPU Sidoarjo Divisi Sosialisasi SDM dan Partisipasi Masyarakat Mohammad Iskak.

Dalam peluncuran RPP Pendopo Delta ini dihadiri Ketua KPU Jatim Eko Sasmito, Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan, Ketua PN Sidoarjo Ifa Sudewi dan Sekda Joko Sartono. Perwakilan parpol dan ormas di Sidoarjo juga hadiri peluncuran RPP Pendopo Delta tersebut.

RPP Pendopo Delta menempati bangunan seluas 5 x 12 meter, yang sebelumnya berfungsi media center. “Ruangan  terbagi menjadi ruang tunggu, ruang pamer dan ruang audio-visual,” jelas Sekretaris KPU Sidoarjo Sulaiman

Khusus di ruang audio-visual, pengunjung bisa nonton film sejarah pemilu. Untuk ruang pamer, pengunjung bisa melihat langsung sejumlah alat peraga pemilu. Mulai dari kertas suara, kotak suara, bilik suara, tinta pemilu hingga alat coblosan. 

Di RPP juga dipajang foto-foto dokumentasi dan buku-buku mengenai kegiatan Pilkada yang ditangani KPU sejak tahun 2005 silam. “Semua tentang pemilu ada di RPP Pendopo Delta ini,” tandas Sulaiman. (st-12/mhm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *