Lagi, Polresta Sidoarjo Grebek Industri Rokok Ilegal Di Sukodono

Maret 22, 2017


(SUKODONOterkini) – Satreskrim Polresta Sidoarjo kembali melakukan penggerebekan home industri rokok ilegal milik Eko warga Desa Sentul, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo di Dusun Ketawang, Desa Jogosatru, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo, Rabu (22/03/2017).

Penggerebekan yang langsung dipimpin oleh Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo, Kompol Manang Soebeti itu berhasil mengamankan beberapa barang bukti. Diantaranya, 3 karton merk Cartel, 27 elemen, 10 kardus merk cartel, 3 sak lidah rokok dan 10 bal rokok siap edar.

“Selain barang bukti berupa rokok ilegal, kami juga mengamankan 3 orang karyawan untuk dimintai keterangan. Sementara yang mempunyai usaha rokok ilegal (tersangka.red) masih dalam pengejaran polisi,” ucap Manang.

Ia menambahkan, usaha dilokasi kontrakan warga setempat itu sudah satu tahun beroprasi. Selain memakai cukai bekas, tersangka juga memalsukan rokok yang sudah berizin. “Ada tiga rokok yang sudah berizin, tapi dipalsukan oleh tersangka, sehingga yang berizin otomatis mengalami kerugian,” terangnya.

Peredaran rokok ini dibeberapa daerah di Pulau Jawa dan diluar Pulau Jawa seperti, Kalimantan, Sulawesi. Dari hasil penjualan rokok ilegal itu, tersangka mampu memproduksi 8 sampai 9 kardos dengan omzet Rp 32 juta. “Dalam setahun, kerugian negara mencapai sekitar Rp Rp 4,6 miliar,” ujarnya.

Dalam kasus ini, pasal yang akan dijeratkan kepada pemilik, yakni Pasal 100 ayat 1,2,3 Undang-undang RI no 20 tahun 2016 tentang merk dan indikasi geografis yang mempunyai ancaman hukuman 5 sampai 10 tahun penjara dengan denda sebesar Rp 2 miliar sampai Rp 5 milyar.(alf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *