Listrik Padam Dan Komputer Eror Jadi Kekhawatiran Siswa Saat UNBK

Maret 21, 2017

UNBK salah satu sekolah di Sidoarjo tahun lalu


(SIDOARJOterkini)- Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di tahun ini bakal terealisasi. Namun, para siswa masih banyak yang khawatir jika nantinya sarana dan prasarana seperti komputer tiba-tiba eror atau listrik padam.

Hal itu dirasakan Dian Shafarina, 18, siswi kelas XII IPS SMA Antartika Sidoarjo. “Siap atau enggak siap, harus siap,” ungkap Dian saat ditemui di sekolah, Senin, (20/3/2017).

Pelaksanaan UNBK nanti, Ia sudah melakukan persiapan-persiapan. Mulai dari materi yang akan diujikan, mental maupun persiapan lainnya. Salah satunya saat sekolah menggelar simulasi UNBK di sekolah. Para siswa sudah diberikan wawasan langsung bagaimana menghadapi Ujian Nasional nanti, terlebih tahun ini sudah tak menggunakan kertas.

“Sebetulnya enakan pakai komputer lebih simple. Enggak pakai orat-oret. Tinggal bagaimana kita mengisi soal-soal melalui komputer,” katanya.

Dalam simulasi UNBK, sarana yang digunakan seperti laptop masih menggunakan milik siswa. Namun, yang menjadi kekhawatiran para siswa saat pelaksanaan nanti, jika laptop atau komputer tiba-tiba eror. Bahkan tidak menutup kemungkinan listrik mati.

“Kemarin sempat eror. Cuma langsung dibenerin sama tim IT atau pengawasnya. Cuma kendala eror nanti bisa mempengaruhi fokus siswa dalam menjawab soal-soal UN,” pungkasnya.

Hal yang sama juga dilontarkan Mylenia Martina, siswa kelas III IPS SMA Antartika Sidoarjo. Dirinya mengaku siap dengan pelaksanaan UNBK tahun ini. Baik dari segi materi maupun peminjaman laptop ke sekolah. Namun, dirinya juga mengkhawatirkan para siswa yang belum memahami betul dalam penggunaan komputer.

“Ada yang paham komputer, ada juga yang enggak tahu. Perkiraan hampir 30 persen yang belum paham komputer,” tutupnya.(mhm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *