Lagi, Rutan Medaeng Tangkap Tahanan Bawa Narkoba


(WARUterkini) – Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Negara Kelas 1 Surabaya di Medaeng, Kecamatan Waru, Sidoarjo, kembali menangkap tahanan narkoba yang membawa shabu-shabu.

Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas 1 Surabaya, Bambang Haryanto membenarkan atas penangkapan tahanan narkoba yang membawa shabu ini. “Saat itu dilakukan razia di ruangan orientasi tahanan dan diketahui ada tiga orang tahanan pendamping yang masih tidur,” katanya.

Setelah tiga orang tahanan pedamping tersebut dibangunkan, lanjut Bambang, sebuah bungkusan warna hitam berisi kristal putih yang diduga shabu, ditemukan petugas di bawah bantal.

“Kami perkirakan dugaan narkoba jenis sabu-sabu ini memiliki berat lebih dari 10 gram yang disimpan di dalam 16 paket plastik kemasan kecil serta satu kantong warna hitam yang digunakan untuk menyimpan narkoba tersebut,” katanya.

Dengan adanya temuan shabu yang kedua kali ini, pihaknya akan rutin menggelar razia minimal sepekan dua kali, agar Rutan bebas dari peredaran narkoba. “Kami akan terus berusaha membersihkan peredaran narkoba yang ada di dalam Rutan Medaeng ini,” katanya.

Selain itu, agar hal ini tidak terjadi lagi, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan dengan detail seperti menggunakan x-ray, body scanner sampai pemeriksaan manual.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jawa Timur, Harun Sulianto mengapresiasi kerja petugas rutan tersebut. “Kami mengapresiasi kerja keras anggota di Rutan Medaeng yang terus menggeledah paling sedikit sepekan dua kali,” ucapnya.

Dirinya berharap dengan penjagaan yang lebih ketat seperti menggunakan x-ray dan body scanner, Rutan Medaeng bisa bebas dari narkoba. “Semoga Rutan Medaeng segera bebas dari narkoba,” pungkasnya.(alf)