Terbelit Hutang, Warga Buduran Tega Gelapkan Motor Teman


(TANGGULANGINterkini) – Adi Wiyono (35), warga Jl Balai Desa RT 04 RW 02, Kecamatan Buduran, Sidoarjo, berhasil dibekuk Unit Reskrim Polsek Tanggulangin, Minggu (12/03). Pasalnya, ia nekat menggadaikan motor milik M. Irtifa’i (37), warga Desa Boro, Kecamatan Tanggulangin yang tak lain temannya sendiri.

Kapolsek Tanggulangin, Kompol Sirdi mengatakan, penangkapan tersangka ini berawal saat pelaku mendatangi korban disebuah home industri tas, UD Bumi Makmur dikawasan Kludan. “Setelah mereka bertemu, tersangka meminjam motor untuk keperluan menagih hutang di Surabaya. Sebelumnya, mereka sempat ngobrol-ngobrol,” katanya, Senin (13/03/2017).

Karena tersangka dan korban merupakan teman dekat, korban memberikan kunci motor beserta Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Setelah tersangka berhasil meminjam motor yang dijanjikan akan dikembalikan sore hari kepada korban, tapi hingga malam tidak kunjung kembali.

“Korban langsung panik. Sebelumnya, korban sempat mendatangi rumah pelaku, tapi tidak ada di rumah. Ia juga mencoba menghubungi nomor handphonenya, juga tidak aktif. Akhirnya ia melaporkan kejadian yang dialaminya ke Polsek Tanggulangin,” ucapnya.

Setelah mendapat laporan tersebut, petugas langsung melalukan penyelidikan dan tersangka berhasil di tangkap di Jalan Penatar Sewu, Kecamatan Tanggulangin, beserta barang bukti berupa satu unit motor milik korban. “Tersangka dijerat pasal 378 atau pasal 372 KUHP tentang tindak pidana penipuan dan atau penggelapan,” terangnya.

Sementara itu, dihadapan penyidik, pelaku mengaku menggadaikan motor tersebut pada temannya di kawasan penatar sewu dengan harga Rp 2,5 juta. “Uangnya saya buat bayar hutang dan lainnya dibuat foya-foya,” akunya.(alf)