Hindari Pungli, Pungutan Prona Dicatat di APBdes

Maret 6, 2017


(SIDOARJOterkini)- Biaya PTSL atau Prona non APBN, yang dipungut dari pemohon harus dicatat dalam APBDes karena masuk rekening desa. “Surat edaran yang telah disebar ke 353 desa dan kelurahan tersebut untuk meminimalisir adanya pelanggaran terkait pungutan liar PTSL,” ujar Kabag Hukum Pemkab Sidoarjo Heri Soesanto.

Heri mengaku setiap iuran tidak diperkenankan melebihi ketentuan yang telah ditetapkan dalam perdes. Jika melebihi dari kesepakatan dengan pemohon maka akan melanggar hukum.

Bahkan, kesepakatan iuran dari pemohon wajib dituangkan dalam berita acara kesepakatan dan ditandatangani oleh semua pmohon. Hal tersebut nantinya akan menjadi legalitas hukum yang jelas dalam pelaksanaan PTSL.

Sementara itu, Kepala ATR/BTN Nandang Agus Taruna mengatakan, pada 2017 Sidoarjo mendapatkan jatah 11 ribu pengurusan prona yang tersebar di 12 kecamatan di Sidoarjo. Program dari pemerintah tersebut untuk membantu pengurusan tanah agar bisa terdata dengan baik. “Kami harap program pemerintah bisa dimanfaatkan dengan baik,” ujarnya.

Nandang menambahkan pengurusan sertifikat melalui program prona memang tidak dipungut biaya. Penarikan biaya atas dasar kesepakatan warga dan desa yang mengikuti prona. “Jika dianggarkan oleh Pemkab saya kira lebih bagus. Jadi sudah tidak ada pungutan dari panitia karena semua biaya sudah ditanggung,” tandasnya.

Sekedar diketahui,Polresta Sidoarjo menangkap Kades Sarirogo Eko Prabowo yang diduga menarik pungutan PTSL, akhir Januari 2017. Tak lama berselang, kasus yang sama terjadi kembali. Kali ini di Desa Ploso, Kecamatan Krembung. Dua orang yakni Kades Ploso Saiful Efendi dan Sekretaris Desa (Sekdes) Abdul Rofiq ditetapkan tersangka.

Sedangkan Kejari Sidoarjo juga telah menahan Kades Dukuh Sari Kecamatan Jabon Wildanun Mukholadun karena kasus yang sama. Karena itulah, banyak panitia Prona khawatir terjerat hukum karena dianggap pungli.(st-12)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *