Kocok Ulang AKD Sidoarjo, PKS-Nasdem Merapat ke PDIP, PKB Tetap Bersama Gerindra

Maret 2, 2017


(SIDOARJOterkini)- Pada kocok ulang AKD kali ini peta koalisi berubah, Fraksi PDIP, Fraksi Demokrat, Fraksi PKS-Nasdem yang awalnya berkoalisi dengan Fraksi PKB tampaknya akan berkoalisi dengan Fraksi PAN. Dengan demikian, tinggal Fraksi Gerindra yang tetap berkoalisi dengan PKB, dan kabarnya Fraksi Golkar Bintang Pembangunan ganti berkoalisi dengan Fraksi PKB. “Kalau Fraksi PKS-Nasdem sudah menyatakan berkoalisi dengan PDIP, saya belum tahu fraksi lainnya,” ujar Ketua Fraksi PKS-Nasdem, Aditya Nindyatman.

Aditya mengaku PKS-Nasdem berkoalisi dengan PDIP untuk mengontrol dan menjadi penyeimbang jalannya pemerintahan di Kabupaten Sidoarjo. Pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan FPDIP terkait koalisi yang akan dilakukan di dewan selama 2,5 tahun kedepan.

Kocok ulang AKD kali ini akan cukup alot jika komposisi koalisinya berubah. Karena jika Fraksi PDIP, PAN, Demokrat dan PKS-Nasdem berkoalisi maka akan mendapat 22 kursi. Sedangkan, jika Fraksi PKB, Gerindra dan Golkar-Bintang-Pembangunan berkoalisi maka akan mendapat 26 kursi.

Meski dari jumlah koalisi PDIP, PAN, Demokrat dan PKS-Nasdem kalah dengan koalisi PKB, Gerindra dan Golkar-Bintang-Pembangunan, namun koalisi Merah-Biru-Putih ini berpeluang bisa merebut dua ketua komisi.

Apalagi, ada kemungkinan anggota dewan dari Partai Bulan Bintang dan Partai Persatuan Pembangunan yang menjadi satu fraksi dengan Golkar bisa berubah ikut koalisi Merah-Biru-Putih.

Jika anggota dewan dari Bulan Bintang dan Persatuan Pembangunan bergabung dengan koalisi Merah-Biru-Putih saat pemilihan AKD, maka akan leluasa mendapat dua kursi ketua Komisi. “Makanya, saat ini terus dilakukan lobi-lobi antar fraksi untuk kocok ulang AKD. Apalagi ketua komisi itu dipilih oleh anggota komisi,” ujar salah satu anggota dewan yang enggan disebut namanya.

Meski sudah santer kabar peta koalisi partai dalam kocok ulang AKD, namun sejumlah Ketua Fraksi di DPRD Sidoarjo yang dikonfirmasi terkait masalah ini lebih memilih tidak berkomentar. (st-12/mhm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *