Bantu Penyandang Disabilitas, Siswa SMAMDA Sidoarjo Ciptakan Kaki Robot

Maret 2, 2017


(SIDOARJOterkini) – Niat baik seseorang, seyogyanya perlu kita apresiasi. Seperti yang dilakukan dua siswa-siswi kelas X IPA Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 2 (SMAMDA) Sidoarjo ini misalnya. Dengan menciptakan kaki robot atau Robotik prosthetic limb, untuk kalangan menengah kebawah, ia mampu meraih juara dua skala nasional.

Pembuat kaki robot tersebut ialah Muh Alman Bukhori (16) dan Widia Widati (16) kelas X IPA SMAMDA 2 Sidoarjo. Mereka berdua menciptakan kaki robot itu, terinspirasi dari anggota keluarganya yang lumpuh akibat penyakit polio. “Awalnya memang terinspirasi dari keadaan paman saya yang lumpuh,” ucapnya, Kamis (02/03/2017).

Menurutnya, pembuatan kaki robot ini tidak terlalu memakan waktu yang cukup lama. Hanya dengan satu sampai dua minggu saja, mereka bisa menyelesaikan kaki robot tersebut. Selain itu, biayanya juga tidak terlalu mahal, hanya menelan biaya sekitar 2 sampai 3 juta saja. “Sengaja kita buat untuk kalangan menengah kebawah,” terangnya.

Keunggulan dari kaki robot ini, dapat ditekuk dengan data analog yang mampu mengirimkan sinyal ke paha penyandang disabilitas, sehingga kaki robot ini bergerak otomatis mengikuti keinginan pengguna. “Kita memakai batrai lithium 2500 MAH, normalnya hanya 6 jam. Jadi bisa pakai batrej apa saja, sesuai keinginan pengguna,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAMDA 2 Sidoarjo, Wigatingsih mengatakan bahwa sangat mendukung dan mengapresiasi ciptaan mereka yang ingin bermanfaat bagi semua orang. Rencananya, ia ingin bekerja sama dengan perusahaan terkait bidang tersebut. “Mungkin kami akan bekerja sama dengan perusahaan,” katanya.

Ia juga berharap kepada semua peserta didiknya, khususnya kepada mereka berdua untuk terus meningkatkan dan menciptakan kreatifitas-kreatifitas lainnya yang bermanfaat bagi semua orang. “Saya berharap besok anak-anak bisa menciptakan kreatifitas yang luar biasa,” pungkasnya.(alf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *