Seluruh Camat Jadi Satgas Lingkungan, Inilah Tugasnya


(SIDOARJOterkini)-Diperingatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2017 ini, Kabupaten Sidoarjo membentuk Satgas Lingkungan. Mereka adalah para camat se Kabupaten Sidoarjo. Tadi pagi, mereka di kukuhkan oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum pada Apel Akbar peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun ini di Parkir Timur GOR Sidoarjo, Jum’at, (24/2).

Pada apel akbar tadi pagi juga diisi dengan kegiatan bersih-bersih lingkungan sekitar GOR Sidoarjo setelah senam bersama dilakukan. Apel akbar tersebut diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sidoarjo serta TNI, Polri dan para pelajar. Komunitas peduli lingkungan seperti Forum Komunitas Hijau serta Komunitas Pecinta Sidoarjo juga hadir untuk mengkampanyekan kebersihan lingkungan.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menaruh harapan besar dibentuknya Satgas Lingkungan kali ini. Ia berharap akan terjadi perubahan paradigma baru tentang lingkungan sehat di Kabupaten Sidoarjo. Ia juga berharap kepada Satgas Lingkungan yang juga bertindak sebagai Polisi Sampah untuk menindak tegas masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Namun tindakan tersebut harus diawali dengan peringatan dan teguran. Apabila hal tersebut tidak dihiraukan maka Polisi Sampah harus mengambil tindakan hukum yakni tindak pidana ringan bagi pembuang sampah sembarangan.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga meminta kepada para camat se Kabupaten Sidoarjo untuk dapat menindak lanjuti kegiatan kali ini. Ia berharap nantinya akan ada Satgas Lingkungan tingkat RT dan RW yang di kukuhkan oleh para camat masing-masing. Bupati Sidoarjo mengatakan masih banyak masyarakat yang tidak peduli akan lingkungannya. Kesadaran masyarakat akan kesebersihan lingkungannya masih kurang. Masih sering dijumpai membuang sampah sembarangan. Oleh karena itu kegiatan seperti ini dilakukan sebagai upaya menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya.

Diakhir sambutannya Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berpesan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan masing-masing. Ia meminta kepada masyarakat untuk rutin mengadakan kerja bakti setiap satu bulan sekali. Kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Sidoarjo, Bupati Sidoarjo meminta untuk terus melakukan pembinaan dan sosialisasi tentang menuntaskan sampah dari sumbernya. Dengan upaya-upaya tersebut akan tercipta masyarakat yang bersih dan sehat dan mewujudkan Kabupaten Sidoarjo berwawasan lingkungan.

Sementara itu Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Sidoarjo M. Bahrul Amiq mengatakan rangkaian kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional telah diawali dengan berbgai kegiatan tentang peduli sampah. Kegiatan tersebut antara lain lomba lingkungan, lomba daur ulang sampah serta pembuatan komposter. Ia juga mengatakan diperingatinya Hari Peduli Sampah Nasional tahun untuk memperkuat komitmen Kabupaten Sidoarjo terhadap program Sidoarjo bebas sampah.(st-13/git)