Aduh Kasihan, Mantan Dirut PDAM Delta Tirta Jadi Tersangka Lagi Kasus Dugaan Korupsi

Februari 24, 2017


(SIDOARJOterkini)- Mantan Direktur PDAM Delta Tirta Sugeng Mujiadi kembali menjadi tersangka kasus proyek sambungan air senilai Rp 17 miliar tahun 2015. Saat ini kasusnya masih ditangani Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo.

Selain Sugeng Mujiadi, penyidik Pidana Khusus Kejari Sidoarjo juga menetapkan salah satu pejabat PDAM Delta tirta sebagai tersangka. Adalah Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek sambungan dan pengadaan PDAM Delta Tirta. “Setelah dinaikkan ke penyidikan, kami menetapkan dua tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek seniliai Rp 17 miliar itu,” ujar Kepala Kejari Sidoarjo, M Sunarto.

Dalam kasus dugaan korupsi proyek Rp 17 miliar ini dibagi untuk sekitar 34 rekanan. Pekerjaannnya rata-rata belum dibayar dan proyek sambungan senilai Rp 200 juta sampai Rp 365 juta itu diduga tidak dilengkapi dengan kontrak kerja.

Berdasarkan hasil penyidik yang mengecek ke lapangan, proyek belasan miliar itu diduga dikuasi seorang rekanan besar PDAM. Hanya saja, dalam praktiknya menggunakan CV, PT dan nama rekanan yang berbeda-beda. “Saat dicek di lapangan rata-rata kantornya fiktif dan sebagian lagi rumah kosong. Bisa jadi kantornya jadi satu,” ujar salah satu penyidik Pidsus Kejari Sidoarjo yang enggan disebut namanya.

Meski sudah menetapkan dua tersangka, penyidik terus mengembangkan kasus ini. Karena kemungkinan besar tersangka akan bertambah.

Sejauh ini, kedua tersangka belum ditahan. Hal ini disebabkan tersangka Sugeng Mujiadi menjadi terdakwa kasus dugaan korupsi lelang pengadaan pipanisasi Rp 8,9 miliar Tahun 2015. Sugeng sudah divonis 4 tahun penjara. (st-13)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *