Ingin Kelola Sampah dan Lingkungan Bersih, Belajarlah ke Perum Mutiara Citra Graha

(CANDIterkini)- Lingkungan warga RW 9, Desa Larangan, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo layak dijadikan lingkungan percontohan untuk wilayah lain. Terutama dalam hal urusan kebersihan dan kenyamanan lingkungan.

Bahkan, RW 9 pernah mendapat juara satu tingkat Madya dalam kategori bersih, sejuk dan rapi (Berseri). Lingkungan RW yang berada Perum Mutiara Citra Graha (MCG) itu juga menjadi tempat rujukan dari daerah-daerah lain untuk study banding tentang kebersihan lingkungan.

“RW 9 memang sering dijadikan rujukan study banding mengenai kebersihan, kerapian dan kenyamanan dari berbagai daerah,” ujar Ketua RW 9, perumahan MCG, Soejono.

Pria 50 tahun itu menceritakan cikal bakal lingkungan yang kini menjadi percontohan soal kebersihan dan kenyamanan di wilayah Kabupaten Sidoarjo itu. Tak lain karena kesadaran dan partisipasi warga setempat.

Menurutnya, kebersihan dan kenyaman bermula dari ide kreatif dan kemauan dari warganya yang dimulai sejak tujuh tahun silam, tepatnya pada tahun 2010. RW 9 yang membawahi 8 RT itu setiap RT mempunyai kegiatan lingkungan dengan ciri khas masing-masing. “Delapan RT itu punya kegiatan masing-masing terkait lingkungan, mulai RT 40 sampai 47,” jelas Soejono.

Soejono mencontohkan, untuk RT 41 misalnya, kawasan tersebut dilengkapi dengan Closed Circuit Television (CCT) sebanyak16 titik. Untuk RT 42, warga mengolah obat-obatan tradisonal dengan memanfaatkan buah mengkudu.

Sedangkan untuk RT 44, warga melengkapi taman baca, free wifi dan kantin kejujuran. Begitupun RT lainnya, warga memproduksi daur ulang sampah, pembibitan pohon dan penghijauan. “Jelas area wilayah RW tersebut bersih dan nyaman. Semua itu dikerjakan sendiri oleh warga. Tapi paling aktif warga perempuan,” jelas Soejono.


Kebersihan dan kenyamanan di lingkungan RW tersebut mendapat respon positif dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Bahrul Amiq. Menurutnya, Kalau ingin belajar lingkungan bersih dan aman belajarlah ke RW 9, Desa Larangan. “Jelas disini lingkungan sangat bersih, nyaman dan aman,” pujinya saat mendatangi kegiatan pembinaan dan pengelolaan sampah organik dalam rangka memperingati hari sampah untuk Kader lingkungan se-Kabupaten Sidoarjo, Minggu (12/2/2017).(mhm)