Hadiri Dzikir Al-Khidmah di Sidoarjo, Kemensos Minta Pemda Ikut Tangani Anjal

Februari 12, 2017

(SIDOARJOterkini)- Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi pemerintah daerah yang mendukung dalam program Indonesia bebas anak jalanan (anjal) di tahun 2017. Diharapkan sudah tidak ada anjal yang berkeliaran di jalanan.

Menurut Khofifah, berbagai upaya dan program dilakukan oleh pemerintah daerah dalam penanganan anjal. “Saya mendukung sekali berbagai upaya  solutif dalam masalah anjal,” katanya saat menghadiri majlis Dzikir Al Khidmah di Sidoarjo, Minggu (12/2/2017).

Masih menurut Khofifah, soal anjal, penanganannya harus dilakukan satu paket. Tidak hanya anaknya saja, melainkan orang tuanya juga harus diperhatikan. “Dari penanganan satu paket itu, orang tua dan anak harus di perdayakan perekonomiannya,” tukasnya.

Khofifah mencontohkan, di daerah Malang, ada 
namanya kampung desaku menanti, tepatnya Kedungkandang, Kota Malang. Disitu dibangun sebuah gedung untuk menampung dan memperdaya-kan pengemis, gelandangan, anjal dan tuna wisma. 

Gedung itu dihuni oleh warga binaan dari kalangan pengemis, gelandangan dan anak jalanan. “Anak jalanan yang tinggal di situ berkeinginan dalam bekerja,” imbuh Khofifah.

Khofifah menambahkan, apapun upaya yang dilakukan pemda dalam penanganan pengentasan pengemis, gelandangan dan anjal, akan selalu didukungnya. “Jangan sampai penanganan anjal dibiarkan. Penanganan anjal harus dilakukan, dan jangan sampai ada eksploitasi anak,” pungkas  berharap. (mhm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *