Sukses Jadi Pengusaha Boneka Country, Ini Awal Mula Pekerjaan Syamsul

(TANGGULANGINterkini) – Bermodalkan niat dan sebuah buku pedoman pembuatan Boneka, Muhammad Samsul Arifin (47), warga Perumahan Tanggulangin Asri Blok ZZ No. 17, Desa Kalitengah, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, sukses mendirikan usahanya sebagai pembuat Boneka Country hingga meraup keuntungan puluhan juta rupiah.

Samsul Arifin nekat alih profesi menjadi pengusaha dari seorang karyawan di perusahaan air mineral ternama dikawasan Pasuruan, karena pemikirannya yang bulat ingin mendirikan usaha sendiri. Dibarengi niat, keyakinan, senang, ulet dan bersungguh-sungguh, ia pun kini memetik hasil kesuksesan dalam pembuatan boneka country dan rajutan tas yang unik.

“Yang pertama yaitu karena kebutuhan rumah tangga, yang kedua yaitu karena yakin dan yang pastinya, senang serta terus mengasah dengan apa yang kita miliki dari dalam diri kita. Sehingga, kreatifitas kita akan muncul dengan sendirinya. Semuanya ini saya lakukan secara otodidak dan Alhamdulillah bisa seperti sekarang ini,” katanya, Rabu (08/02/2017).

Saat proses menuju kesuksesan, lanjut bapak dua anak ini, tentunya tidak akan berjalan mulus seperti apa yang diharapkan. Ketika dirinya mulai menjual bonekanya dengan cara keliling dan sesekali mengkal menggunakan motor dan membawa etalase, ia sering dikejar-kejar sama petugas. “Pernah waktu itu jualan di kawasan pucang. Disana saya di kejar petugas sampai etalase saya jatuh dan pecah. Itu masih ada etalasenya,” kenangnya.

Sampai ia mengikuti sebuah pameran yang di gelar oleh Pemkab Sidoarjo, melalui Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindag dan ESDM Sidoarjo, karyanya yang mulai dirintis ditahun 2004, kini mulai dikenal, bahkan sudah bisa mengeksport hasil karyanya di beberapa negara belahan dunia. “Saat ini saya sudah punya beberapa karyawan. Sehingga bisa memenuhi pasar internasional seperti Australi, Singapure dan Eropa,” katanya.

Ia menambahkan bahwa sekali kirim, dirinya bisa meraup omset hingga Rp 50-70 juta rupiah. Harga Boneka country ini bermacam-macam, mulai yang paling kecil dipatok dengan harga Rp 15.000 hingga yang besar dipatok dengan harga Rp 300.000. “Boneka country ini nantinya akan dijadikan hiasan barang-barang lain, seperti tas, pohon natal dan lainnya,” pungkasnya.(alf)