Jadi Tersangka Pungli Prona, Kejari Sidoarjo Tahan Kades Dukuhsari

Februari 10, 2017

(SIDOARJOterkini)- Kepala Desa Dukuhsari, Kecamatan Jabon, Wildanun Mukholladun ditahan penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo, Jumat (10/2/2017). Tersangka langsung dijebloskan ke Lapas Klas II Delta Sidoarjo karena diduga pungli pengurusan Prona Tahun 2016 di

Mukholladun diperiksa mulai jam 11.00 WIB pukul 17.30 WIB. Meski didampingi penasehat hukum, tersangka digelandang ke Lapas Delta Sidoarjo menggunakan mobil tahanan nopol L 1193 PO.

Kasi Pidsus Kejari Sidoarjo, Adi Harsanto SH mengatakan penahanan dilakukan karena sudah mengantongi dua alat bukti pungli untuk pengurusan Prona “Oleh sebab itu, penahan dilakukan untuk mempermudah proses penyidikan,” ujarnya.

Saat di singgung besaran pungutan, Adi Harsanto mengatakan rata- rata Rp 400 ribu, ada juga yang ditarik lebih. Pihaknya masih menggali jumlah besaran tarikan untuk Prona.

Masih menurut Adi, modus Pungli ini tersangka membentuk Kelompok Masyarakat (POKMAS), dan Pokmas ini yang kemudian menarik iuran ke warga, “Modus Kades ini membentuk Pokmas untuk melakukan penarikan iuran ke warga,” pungkasnya.

Terpisah, Kasi Intel Kejari Sidoarjo AndroAndri Tri Wibowo mengatakan, kasus ini terungkap setelah pihaknya mendapat laporan dari warga. Kemudian timnya bergerak melakukan Pulbaket dan Puldata. “Setelah data dan bukti lengkap kemudian kita serahkan ke Pidsus untuk penyidikan,” jelasnya. (mhm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *