Sungai Meluap,Tambak dan Tiga Desa di Jabon Terendam Banjir

Januari 17, 2017

IMG_20170116_150710
(JABONterkini) – Rumah warga di tiga Desa yakni, Desa Kupang, Desa Semambung, Desa Kedugpandan, Kecamatan Jabon, Sidoarjo terendam banjir. Hal ini disebabkan sungai hulu Jabon yang meluap, akibat banjir kiriman dari kawasan Bangil, Pasuruan. Jum’at (13/01/2017).

Kepala Desa Kupang, Suryadi mengatakan, sudah tiga hari ini, banjir merendam rumah warganya. Saat ini, tinggi air mencapai 50 centimeter dan ada juga setinggi lutut orang dewasa, sehingga tak sedikit air masuk kedalam rumah-rumah warga.

“Kemarin ketinggian air mencapai 20 centimeter, tapi hari ini debit air semakin naik bahkan sampai masuk rumah warga,” ucapnya.

Ia menjelaskan, Banjir kali ini merupakan yang terparah dari banjir tahun-tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan curah hujan yang cukup tinggi, bersamaan dengan air laut pasang. Sehingga banjir sulit mengalir dari hulu sungai ke muara.

Sementara itu, Kepala Dusun Telocor, Desa Kedungpandan, Baidowi saat di konfirmasi ditempat yang berbeda mengatakan, banjir ini tidak hanya merendam rumah warga. Tapi, beberapa tambak kurang lebih 200 hektar juga ikut terendam. Sehingga para petani tambak terancam merugi hingga miliaran rupiah.

“Kalau banjir begini, ikan yang ada di dalam tambak seperti udang, bandeng, lele, mujair dan ikan-ikan lainnya lepas, padahal bulan ini, para petani tambak berencana untuk memanen. Kami berharap agar ada tindakan dari pemerintah,” harapnya.(alf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *