Pesangon Tak DibayarDibayar, Buruh PT JFI Gedangan Demo

img-20170105-wa0010

(GEDANGANterkini) – Ratusan buruh PT Jaykay Files Indonesia (JFI) di Jalan Sukodono, Desa Keboansikep, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo, menggelar aksi unjuk rasa didepan pabrik.

Hal ini menyusul lantaran mereka tidak mendapat pesangon, sesuai peraturan Menteri Tenaga Kerja, sebelum pihak manajemen pabrik ingin merelokasi ke Semarang, Jawa Tengah.

Kuwadi, salah seorang kordinator aksi mengatakan bahwa dirinya bersama ratusan rekannya ini, sudah bekerja di pabrik penanaman modal asing tersebut selama belasan tahun. Namun, pihak pabrik tidak memberikan pesangon sesuai undang-undang pasal 163, tahun 2003.

“Sebenarnya kita tidak menuntut. Akan tetapi, sesuai regulasi yang ada dan sesuai undang-undang yang berlaku, maka kami meminta hak kita meskipun satu kali gaji,” katanya, Kamis (05/01/2017).

Dalam tuntutannya yang meminta satu kali gaji tersebut, oleh pihak manajeman hanya mampu membayar 0,5 persen saja. “Perusahaan kan mau pindah, tapi hak kita tidak diberikan, bahkan ditawar. Itukan tidak manusiawi,” tambahnya.

Sementara itu, menurut informasi yang dihimpun, pindahnya pabrik yang diputuskan pihak manajemen pada akhir Desember 2016 lalu, karena pihak manejemen pabrik tidak mampu dengan UMK di Sidoarjo.(alf)