Srikandi Hanura Jatim Beri Dukungan Moral Untuk ODHA di Sidoarjo

Desember 27, 2016
Para srikandi Jawa Timur memberikan arahan serta dukungan kepada ibu-ibu ODHA di kantor KPA Sidoarjo

Para srikandi Jawa Timur memberikan arahan serta dukungan kepada ibu-ibu ODHA di kantor KPA Sidoarjo

(SIDOARJOterkini)- Kepedulian terhadap Orang Dengan HIV Aids (ODHA) ditunjukkan oleh para srikandi partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Jawa Timur. Mereka mengunjungi kantor Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Sidoarjo di Jl Pahlawan pada Selasa 27 Desember 2016.
Kedatangan para srikandi cantik Hanura ini untuk memberikan suntikan moral pada sekitar 50 ibu ODHA yang tersebar di Sidoarjo. Penguatan secara psikologis membuat para ibu-ibu ini memiliki tekad untuk mengasuh anak-anaknya.
Ketua srikandi Hanura Jawa Timur Gayatri A. Ardhininya mengatakan, kegiatan dari srikandi Hanura Jawa Timur sebagai bagian dari peringatan Hari Ibu 22 Desember lalu. Salah satu peringatannya dilakukan dengan memberikan dukungan moral bagi ibu-ibu ODHA. “Tujuan kita agar ibu-ibu ODHA tetap kuat,” katanya.
Dia mengungkapkan, para ibu ODHA yang mayoritas tertular HIV/Aids dari suaminya tersebut ada yang masih merawat anak-anaknya yang masih kecil. Hal itulah yang diharapkan para srikandi Hanura tetap dilakukan ibu-ibu meski kondisinya juga terjangkit HIV/Aids. “Kami ingin ibu-ibu ODHA melupakan kesalahan suaminya dan memikirkan masa depan anak-anaknya yang masih membutuhkan perawatan,” jelasnya.
Dia menambahkan, di Sidoarjo tercatat ada 16 anak dari ratusan penderita HIV/Aids yang terdata. Jumlah tersebut diharapkan tidak naik dengan dukungan semua pihak. “Kita juga harus cegah penularan dengan berbagai upaya,” terangnya.
Menurutnya, dengan dukungan psikis dari srikandi Hanura, para ibu-ibu ODHA bisa tersenyum. Semangat itulah yang diharapkan bisa membangkitkan keinginan untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. “Kita ingin mereka (ibu-ibu ODHA) tidak patah semangat,” ucapnya.
Salah satu srikandi Hanura Elok mengatakan, dukungam moral membuat para ODHA menjadi lebih bersemangat. Melalui kegiatan ini para ibu ODHA bisa curhat dan meluapkan unek-uneknya selama ini. “Tidak hanya di Sidoarjo kita juga akan melakukan kegiatan lain dengan ODHA di beberapa daerah,” kata Elok yang juga berprofeai sebagai psikolog di RSUD Sidoarjo.
Kepala bidang pengelola program KPA Sidoarjo Fery Effendi mengatakan, dukungan moral kepada ODHA memang harus dilakukan. Hal tersebut agar para ODHA tidak terkucilkan. “Kami menyambut baik kegiatan dari srikandi Hanura Jawa Timur,” katanya.(st-12)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *