Jelang Tahun Baru, Stok Bahan Pokok Aman

Desember 27, 2016

img-20161227-wa0030
(BUDURANterkini) – Pasokan kebutuhan bahan pokok menjelang tahun baru di Jawa Timur seperti beras, gula dan jagung dipastikan aman hingga tujuh bulan kedepan.

Berikut ucap Irjen Kementerian Perdagangan, Karyanto Supri yang didampingi Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tata Tertib Negara, Syahrul Mamma saat menggelar Inspeksi Mendadak di Bulog, Kecamatan Buduran, Sidoarjo, Selasa (27/12/2016).

Dalam sidaknya ia menjelaskan bahwa tugas pemerintah adalah untuk menjamin pasokan yang cukup. Pihaknya menambahkan, saat ini ada sekitar 324 ribu ton beras yang dipersiapkan bulog.

“Sudah sangat cukup. Bahkan bisa dikirim ke provinsi lain kalau perlu. Tapi kota pastikan dulu di jatim ini aman hingga perayaan natal dan tahun baru,” katanya.

Sebelumnya, ia juga sudah melakukan survei di beberapa pasar tradisional. Namun, harganya masih terbilang stabil. “Untuk masyarakat jangan khawatir terkait pasokan bahan pokok habis. Karena di beberapa pasar tradisional seperti Wonokromo, Tambak Rejo Surabaya dan pasar lainnya masih stabil,” jelasnya.

Sementara itu, meski dibeberapa daerah harga gula cukup tinggi, itu dikarenakan banyaknya permintaan jelang natal dan tahun baru. Meski demikian, harga di Jawa Timur khususnya masih stabil.

“Saya lihat tadi masih stabil. Diharga 13 ribuan (pengecer). Mungkin tingginya harga itu karena sentimen permintaan saja yang meningkat,” tambahnya.

Karyanto juga berharap agar pengusaha tidak melakukan kecurangan-kecurangan seperti menimbun ataupun yabg lainnya. Karena, apabila ia mengetahui hal itu, maka ada tindakan tegas dari pemerintah.(alf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *