Dibuka Untuk Umum, Perpustakaan Madrasatulalsun Sediakan Buku Bahasa Arab

Desember 19, 2016
img-20161218-wa0022

(SIDOARJOterkini) – Ingin menambah wawasan ilmu bahasa arab, berpustakaan yang khusus menyediakan buku ilmu bahasa (Linguistik) Arab, Perpustakaan Madrasatulalsun, di Jl Mayjen Sungkono 5 Sidoarjo, resmi dibuka untuk masyarakat umum. Koleksi buku perpustakaan ini, sebagian besar milik pribadi H Mohammad Nasir Abdurrahman, seorang dosen yang juga warga Sidoarjo.

Peresmian Perpustakaan Madrasatulalsun digelar sederhana, Sabtu (17/12/2016) kemarin. Hadir dalam peresmian Wabup Sidoarjo H Nur Ahmad Syaifuddin.

Selain itu juga dihadiri puluhan alumni Lembaga Pendidikan Bahasa Arab Madrasatulalsun, diantaranya Prof Ahmad Muzakki, Grad Dip SEA, M Phil, Phd, yang juga Dekan FEBI UIN Sunan Ampel Surabaya dan Sekretaris PWNU Jawa Timur.

Pimpinan Perpustakaan Madrasatulalsun, H Mohammad Nasir Abdurrahman mengatakan diharapkan perpustakaan tersebut, bisa dinikmati oleh masyarakat umum dalam rangka mencerdaskan bangsa Indonesia. “Masyarakat umum, kalangan akademis maupun non akademis bisa memanfaatkan perpustakaan ini,” tandasnya.

Alumni King Saud University ini menambahkan selama ini, ratusan koleksi buku bahasa Arab miliknya, sudah sering dipinjam oleh para mahasiswa pascasarjana yang tengah menyusun tesis dan disertasi. Dia berkeinginan ada sebuah sistem yang mengatur peminjaman buku-buku tersebut.

Dosen Institut Agama Islam (IAI) Al Khoziny Buduran Sidoarjo ini mengakui, jika dibandingkan dengan sebuah perpustakaan umum, Perpustakaan Madrasatulalsun, tergolong kecil. Namun dalam kategori perpustakaan khusus bahasa Arab, mungkin sebuah perpustakaan terbesar. Sebab perpustakaan serupa belum ada misalnya di UIN Surabaya dan Malang.

Perpustakaan Madrasatulalsun memiliki koleksi diantaranya buku ilmu bahasa Arab sebanyak sekitar 448 judul, jurnal ilmiah berbahasa Arab sebanyak 360 judul (edisi) serta puluhan majalah berbahasa Arab. “Mudah-mudahan buku-buku tersebut bisa bermanfaat untuk masyarakat banyak,” tandas H Mohammad Nasir Abdurrahman.

Wabup Sidoarjo H Nur Ahmad Syaifuddin mengaku sangat gembira adanya Perpustakaan Madrasatulalsun, yang khusus menyediakan buku-buku bahasa Arab. “Ini sebuah perpustakaan yang cukup langka karena memiliki koleksi buku-buku linguistik,” tukasnya.

Wabup berharap perpustakaan ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya warga Sidoarjo. “Saya berharap perpustakaan ini koleksi bukunya semakin bertambah banyak sehingga bisa terus dimanfaatkan oleh masyarakat,” harapnya.

Sekretaris PWNU Jawa Timur, Prof Akhmad Muzakki, MAg, Grad Dip SEA, MPhil, PhD, dalam sambutannya, diantaranya menyatakan, dilihat dari peradaban dunia, sebuah perpustakaan, seharusnya bukan hanya untuk tempat membaca saja. Namun selalu ada komponen besar, yang bernama riset.

Muzakki mengapresiasi gagasan H 
H Mohammad Nasir Abdurrahman, yang juga gurunya tersebut, mendirikan sebuah perpustakaan. Pasalnya, hingga saat ini, tidak ada perpustakaan khusus di luar perguruan tinggi, ataupun perpustakaan bahasa yang koleksinya banyak selain perpustakaan yang diresmikan hari ini, yakni Perpustakaan 
Madrasatulalsun. (st-13)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *