Bisa Jalankan Konsep Pemasaran, Bupati Sidoarjo Terima Penghargaan Marketeers Award

Desember 8, 2016
img_20161208_151627_489

(SIDOARJOterkini)-Bupati Sidoarjo Saiful Ilah selama ini cukup gencar dalam memasarkan potensi Kabupaten Sidoarjo. Salah satunya dengan memasarkan produk pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) hingga tembus ke mancanegara.

Karena itulah, Bupati Sidoarjo dua periode itu mendapat penghargaan Regional Marketeers Award (RMA) yang diberikan di Grand Ballroom Ritz Carlton Jakarta-Pasific Place, Kamis (8/12/2016). Saiful Ilah merupakan salah satu dari beberapa bupati dan walikota di Indonesia yang mendapat penghargaan RMA tersebut.

Penghargaan diberikan langsung oleh Publisher Marketeers, Hermawan Kertajaya dan Presiden Indonesian Marketeers Associated (IMA), M. Arif Wibowo. Penghargaan ini menambah koleksi dari ratusan penghargaan yang diterima Bupati Sidoarjo.img_20161208_151448_272

Sebagai Bupati Sidoarjo, mempunyai tanggungjawab dalam memajukan UKM di Kabupaten Sidoarjo. Apalagi, setelah muncul semburan lumpur di Porong, membuat ratusan UKM gulung tikar.

Namun, Saiful Ilah berupaya membangkitkan lagi UKM agar tetap eksis. Terutama UKM yang bergerak di bidang produk kulit di Tanggulangin yang paling terkena dampak dari semburan lumpur Lapindo.

Saiful Ilah mengatakan, cara membangkitkan UKM Tanggulangin setelah terdampak bencana lumpur Lapindo, Pemkab Sidoarjo memfasilitasi korban terdampak bencana lumpur Lapindo melalui program pemberdayaan masyarakat. Salah satunya memberikan pelatihan ketrampilan baik untuk menumbuhkan wirausaha baru.

Termasuk peningkatan kapasitas bagi UKM daerah Tanggulangin dan sekitarnya untuk perbaikan kualitas sehingga memiliki daya saing di pasar global. “Pemkab juga memberi bantuan permodalan dan alat bagi UKM untuk mendukung pengembangan usaha,” tandas Saiful Ilah, yang saat menerima penghargaan RMA juga didampingi Kadisperindag UKM & ESDM Feny Apridawaty dan Kabid Perdagangan M.Tjarda.

Sedangkan upaya keluar, dengan cara meningkatkan daya beli masyarakat dengan promosi-promosi melalui media elektronika dan media cetak. Termasuk dengan sarana pameran, misi dagang, temu usaha juga kerjasama dengan vendor baik dalam maupun luar negeri.

Akhirnya, sentra UKM Tanggulangin bisa berhasil tembus pasar ekspor. Hal ini tak lepas dari fasilitasi pemerintah daerah berupa kegiatan misi dagang, safari marketing dan pameran dagang di dalam/luar negeri memberikan manfaat yang besar dalam meningkatkan order dan daya saing produk UKM.

Pemanfaatan aplikasi pemasaran online (E-Commerce) bekerjasama dengan PT. Telkom mampu meningkatkan omzet penjualan produk UKM Sidoarjo. “Termasuk
pemanfaatan kantor perwakilan dagang Jawa Timur di luar daerah dan menjalin hubungan dengan ITPC dalam membantu mempromosikan produk UKM Sidoarjo.

Pemkab juga memfasilitasi kemitraan dengan perusahaan nasional, dalam hal ini PT. Aggiomultimex yang telah memfasilitasi pemasaran produk ukm sidoarjo kepada buyer dan perusahaan-perusahaan besar di Eropa. “Produk UKM Tanggulangin sudah diekspor ke Italia,” aku Saiful Ilah.

Saiful Ilah mengaku dengan diterimanya penghargaan RMA ini, diharapkan bisa memacu UKM dalam meningkatkan kualitas produknya. Sebab, selama ini sudah ada beberapa penjajakan dari luar negeri, salah satunya Belanda. Produk UKM nantinya bisa diekspor ke Belanda dan negara lainnya. (st-12)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *