Warga Makarya Binangun Demo Tolak Pembangunan Sutet

Desember 6, 2016

img-20161206-wa0037
(WARUterkini) – Puluhan warga perumahan Makarya Binangun, Desa Janti, Kecamatan Waru, Sidoarjo, beramai-ramai geruduk lokasi pembangunan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (Sutet), Selasa (06/12/2016). Hal ini dikarenakan tidak ada jaminan keselamatan dari pihak PLN.

Handojo, korlap aksi mengaku keberatan dengan adanya pembangunan itu. Karena selama pembangunan, warga tidak pernah dianggap dan diajak berunding maupun berdialog. Padahal pembangunan itu membawa dampak sangat besar terhadap masyarakat sekitar.

“Selama ini, kita tidak mendapatkan kompensasi apapun baik dari pihak PLN maupun penggarap proyek. Kita tahu kalau pembangunan itu pasti membawa dampak bagi warga” ucapnya.

Dengan adanya unjuk rasa itu, aktifitas para pekerja sutet langsung berhenti. Mereka meminta agar pembangunan itu tidak lagi diteruskan. “Selama ini tidak pernah diajak berunding soal pembangunan Sutet. Padahal Sutet itu melewati pemukiman RT 8 sekitar 38 rumah. Pembangunan Sutet juga melewati fasum yang sudah bersertifikat atas nama warga Makarya Binangun,” katanya.

Ia juga mengungkapkan bahwa warga takut dengan radiasi listrik yang ditimbulkan, sehingga mengganggu kesehatan warga. “Warga meminta kesediaan pihak PLN untuk berdialog dengan warga untuk mencari titik temu permasalah ini,” pungkas Handojo.(alf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *