KSP Udara Jatim Dirampok, Uang Rp 346 Juta Amblas, Inilah Kronologisnya

November 26, 2016

img-20161125-wa0000
(SIDOARJOterkini) – Aksi perampokan terjadi di Sidoarjo. Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Udara Jawa Timur di Perumahan Magersari Permai Blok AD/9 Sidoarjo disatroni rampok, Jumat (25-11-2016)siang. Pelaku yang berjumlah lebih dari dua orang ini menggasak uang Rp 346 juta.

Inilah kronologisnya, komplotan perampok ini beraksi sekitar pukul 12.00 WIB. Saat itu, koperasi sedang sepi karena pegawai pria menunaikan ibadah salat jumat.

Sedangkan di KSP itu hanya ada tiga pegawai perempuan. Dua orang masuk ke dalam koperasi dan menodong ketiga pegawai perempuan.

Bukan hanya menggunakan senpi, tapi juga dengan celurit dan pisau. Sedangkan pelaku lainnya berjaga-jaga di luar kantor KSP.

Dengan menodongkan senpi, pelaku meminta pegawai perempuan itu menunjukkan tempat penyimpanan uang. Setelah itu, mereka dengan leluasa mengambil uang yang tersimpan di laci meja dan salah satu lemari sebelum akhirnya melarikan diri.

Dalam hitungan menit, perampok berhasil melumpuhkan pegawai dan membawa kabur uang Rp 346 juta. Sepertinya, pelaku sudah mengetahui kondisi di KSP tersebut sehingga menjalankan aksinya saat di kantor hanya ada pegawai perempuan.

Kejadian itu diketahui para pegawai pria setelah salat jumat. Mereka kaget melihat tiga teman kerjanya menangis. Saat itulah para pegawai perempuan mengaku baru saja menjadi korban perampokan.

Polisi mendatangi lokasi kejadian. Unit Identikasi Satreskrim Polresta Sidoarjo dikerahkan untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Polisi juga meminta keterangan dari para pegawai perempuan. “Masih kita selidiki kasus perampokan ini,” ujar Kapolsek Sidoarjo Kota Kompol Naufil Hartono.

Naufil menjelaskan, pihaknya juga meminta keterangan dari sejumlah saksi lain. Dari keterangan itu diharapkan diperoleh informasi ciri-ciri pelaku perampokan.

Aryo, warga sekitar mengaku sempat melihat para pelaku sebelum beraksi. Meski begitu, dia tidak menaruh rasa curiga. Pasalnya, sudah biasa ada banyak orang yang mendatangi koperasi itu. “Saya kira nasabah seperti biasanya,” ujarnya.

Aryo menambahkan, saat itu dia sedang melintas di depan KSP. Ada dua pria sedang duduk-duduk di depan koperasi. Satu orang berbadan agak gemuk dan satunya lagi berperawakan sedang.

Tidak jauh dari kedua orang itu parkir mobil sejenis Toyota Avanza berwarna hitam. “Mungkin waktu itu sedang memantau situasi,” tambah Aryo.

Sepuluh menit kemudian, Aryo kembali melintas. Dia melihat kedua pria itu masuk ke dalam mobil. Dia juga melihat dua orang lagi mendatangi KSP mengendarai motor matic.

Setelah itu dia tidak tahu lagi karena sudah pulang. Aryo baru tahu ada perampokan tadi pukul 15.00 WIB setelah diberitahu tetangganya.

Kapolresta Sidoarjo AKBP Muhammad Anwar Nasir mendatangi lokasi. Alumnus Akpol 1996 itu didampingi Wakapolresta Kompol Indra Mardiana dan Kasatreskrim Kompol Manang Soebeti.

Begitu tiba, mereka langsung masuk ke dalam koperasi. Lalu, menanyakan beberapa hal kepada para pegawai koperasi. Anwar juga sempat menanyakan ada tidaknya kamera

closed circuit television (CCTV) pada koperasi itu. Ternyata di dalam kantor tidak ada kamera yang terpasang. (st-13)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *