Tukar Guling TKD Bermasalah, Koordinator Korban Lumpur Asal Renokenongo Ditahan

img-20161115-wa0045
(SIDOARJOterkini)- Sunarto,salah satu koordinaror korban lumpur ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo. Pria asal Desa Renokenongo, Kecamatan Porong itu diduga terlibat korupsi tukang guling Tanah Kas Desa (TKD) di Desa Kedungsolok, Kecamatan Porong.

Lahan TKD yang ditukar guling digunakan untuk relokasi korban lumpur asal Desa Renokenongo. Lahan yang berlokasi di Desa Kedungsolok itu kemudian dinamakan perumahan Renojoyo.

Sunarto saat itu menjadi ketua panitia pembebasan lahan. Penyidik langsung menahan tersangka Sunarto ke Rutan Medaeng, Selasa (15/11/2016)

Kasi Intel Kejari Sidoarjo Andri Tri Wibowo mengatakan, Sunarto ditetapkan sebagai tersangka karena diduga melakukan penyelewengan TKD Kedungsolok tanpa melalui prosedur. Lahan TKD Kedungsolok untuk perumahan pengungsi korban lumpur Desa Renokenongo. “Lahan sekitar 2.800 meter persegi masih berstatus TKD Kedungsolok,” katanya.

Andri mengungkapkan, tersangka Sunarto merupakan pelopor warga korban lumpur Desa Renokenongo yang terkena musibah lumpur untuk pindah di kawasan Kedungsolok. Padahal, tanah tersebut masih dalam milik TKD Kedungsolok. “Ada prosedur yang tidak dilalui oleh tersangka. Terkait kerugian negara sedang kita audit,” tegas mantan Kasi Intel Kejari Batam ini.

Penyidik juga sudah berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sidoarjo terkait status tanah tersebut. Setelah dilakukan penyelidikan, terbukti bahwa tanah yang sebagian sudah ditempati warga korban lumpur tersebut adalah TKD.

Andri menegaskan, pihaknya masih terus mengembangkan keterlibatan orang lain dalam penjualan TKD tersebut. Baik dari pihak desa maupun notaris serta pihak lain yang diduga ikut terlibat. “Kemungkinan ada tersanga lain pasti ada tapi masih kita kembangkan dulu,” ucapnya.

Tersangka Sunarto diperiksa di Kejari Sidoarjo sejak pukul 10.00 WIB. Penyidik langsung menggelendeng tersangka yang sudah memakai rompi tersangka ke mobil tahanan sekitar pukul 16.30 WIB ke Rutan Medaeng.(st-12)