Jemput Bola, BPN Sidoarjo Buka Layanan di Areal Masjid Agung

Kepala BPN Sidoarjo Nandang Agus Taruna menyerahkan sertifikat kepada warga yang memanfaatkan layanan di Masjid Agung Sidoarjo

Kepala BPN Sidoarjo Nandang Agus Taruna menyerahkan sertifikat kepada warga yang memanfaatkan layanan di Masjid Agung Sidoarjo

(SIDOARJOterkini)- Badan Pertanahan Nasional (BPN) berupaya proaktif dalam hal pelayanan. Salah satunya dengan menyediakan pelayanan mobil keliling di sekitaran Masjid Agung Sidoarjo, Jumat (11/12/2015).

Sejak pagi mobil pelayanan sudah disiagakan di areal parkir depan Masjid Agung. Ternyata, ketika dibuka sudah menarik perhatian warga.

Warga banyak yang datang untuk mencari informasi terkait pengurusan sertifikat. “Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Kepala BPN Sidoarjo, Nandang Agus Taruna.

Nandang menambahkan, pelayanan jemput bola tersebut diberikan kepada masyarakat atas intruksi Menteri Agraria dan Tata Ruang Nomor 5114-1/020/XI/2015 tentang layanan proaktif. Untuk itu satu unit Mobil layanan Larasita ( Layanan Rakyat untuk Sertifikat Tanah) disiagakan di are parkir Masjid Agung Sidoarjo.

Usai sholat jum’at, dimanfaatkan oleh jamaah Masjid Agung Sidoarjo untuk bertanya terkait pertanahan. Bahkan, banyak yang minta formulir untuk mengurus sertifikat tanah.

Ditanya apakah, setiap Jumat akan menyiakan mobil Larasita di areal Masjid Agung Sidoarjo?, Nandang mengaku jika animo masyarakat tinggi tentu akan dilakukan. Namun, layanan yang dilakukan hari ini, lanjut Nandang serentak di seluruh Indonesia.

BPN Sidoarjo memilih lokasinya di areal Masjid Agung Sidoarjo. Semua layanan yang biasa dilakukan di kantor BPN bisa dilakukan mobil Larasita. Baik pengambilan produk, maupun pelayanan pengurusan. “Bila animo masyarakat tinggi maka kegiatan ini akan kita kaji untuk dilakukan berkala serta akan di terjunkan ke desa desa,” pungkas Nandang.

Ayik, salah asal Sukodono yang melakukan penghapusan roya (Penghapusan Hak Tanggungan Bank) sertifikatnya, mengaku senang dengan adanya pelayanan proaktif tersebut. “Satu hari selesai, saya pagi tadi memasukan sertifikat saya kesini dan siang ini sudah selesai,” cetusnya. (st-12)