Jelang Pilkada, Pemkab “Hadiahi” Polres Puluhan Avanza

image

Mobil patroli yang dibeli dari dana hibah pemkab Sidoarjo.

(SIDOARJOterkini)- Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sidoarjo 2015, polisi sektor (Polsek) dilengkapi dengan armada patroli baru. Armada itu merupakan hibah dari Pemkab Sidoarjo.

Sebanyak 19 unit mobil Toyota Avanza yang dibeli dengan dana hibah senilai Rp 3,7 miliar. Kendaraan sejuta umat ini sudah dimodifikasi berbentuk mobil patroli. Mobil-mobil sudah mulai terlihat parkir rapi di halaman Mapolres Sidoarjo, Senin (13/7) siang.

Mobil tersebut akan dialokasikan ke 18 polsek dan satu provos untuk kepentingan dinas. “19 unit mobil Toyota Avanza itu akan diserahkan ke masing-masing polsek jajaran, dan satu untuk provost,” ujar Kapolres Sidoarjo AKBP Anggoro Sukartono.

Tujuan beli mobil baru ini untuk mengganti mobil patroli yang selama ini digunakan. Mobil ini penunjang patroli sekaligus untuk mengganti mobil yang lama

Anggoro berharap dengan armada baru seperti ini diharapkan pelayanan terhadap masyarakat semakin bisa ditingkatkan. Sebab, semua unit dilengkapi dengan alat-alat yang canggih.

Mobil ini dilengkapi dengan GPS, audio control, dan sebagainya. Jadi dibutuhkan sewaktu-waktu bisa langsung tanggap. Seperti jika ada balap liar di sebuah tempat, kepala desa(kades) atau masyarakat bisa langsung contact mobil patroli tersebut.

Selanjutnya, mobil patroli dipastikan akan segera datang ke lokasi balap liar tersebut. “Dihubungi angsung datang, karena mobil dalam kondisi yang prima,” tegas Anggoro.

Mantan Kapolres Nganjuk itu
menegaskan jika tidak hanya balap liar, mobil itu juga difungsikan untuk kegiatan lain. Seperti ketika ada tkp pembunuhan, perampasan, atau bentuk kejahatan lainnya.

Mobil ini juga dilengkapi dengan GPS di dalamnya. Ketika kalau ada anggota yang tidak patroli atau melenceng dari tugasnya akan ketahuan.

Terpisah, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keungan dan Aset (DPPKA) Joko Sartono saat dikonfirmasi membenarkan adanya dana hibah yang diberikan kepada Polres Sidoarjo. Dana hibah tersebut dianggarkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2015. “Dana hibah itu digunakan untuk membantu memperlancar kinerja kepolisian dalam menjaga keamanan wilayah sidoarjo,” ujarnya. (st-12)