Air Kran di SDN Buncitan Bisa Langsung Diminum

April 3, 2015
image

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mencoba langsung meminum air dari kran di SDN Buncitan, Sedati

(SEDATIterkini)- Siswa SDN Buncitan, Kecamatan Sedati sudah bisa menggunakan air kran langsung diminum. Pasalnya, sekolah itu sudah dilengkapi dengan pengolahan air (water treatment).

Pengolahan air itu merupakan bantuan dari lembaga internasional The Committee for Promotion to Innovate Japanese People by Education and Cultural Contact (CPI Japan). Kapasitas air yang diolah dalam sehari bisa menampung 1000 liter.

Peresmian fasilitas water treatment, Kamis (2/4), selain dihadiri Bupati Sidoarjo Saiful Ilah jugasaksikan oleh Presiden Direktur CPI Japan Mr. Kikufumi Konishi.

Dalam kesempatan tersebut juga hadir Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM R.I Bidang Hubungan Internasional DR. M. Taufiq serta Kabag Kerjasama Lembaga Biro Administrasi Kerjasama Provinsi Jawa Timur Ir. Dodong Mediantoro, Mm Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo H. Sullamul Hadi Nurmawan.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan dengan adanya fasilitas water treatmen di SDN Buncitan bisa dimanfaatkan dengan baik. Pemenuhan kebutuhan air bersih dan air minum merupakan salah satu agenda prioritas pembangunan daerah.

Tuntutan kebutuhan air akan terus meningkat seiring dengan perkembangan kawasan dan pertumbuhan penduduk suatu daerah. Keadaan tersebut bertolak belakang dengan ketersediaan air baku yang berkualitas.

Saiful Ilah mencontohkan, kawasan yang tumbuh dan berkembang, terutama industri, seringkali menimbulkan dampak negatif bagi kualitas lingkungan.  Seperti pencemaran air maupun penurunan kualitas udara.

Pemenuhan air baku yang berkualitas di daerah pesisir di wilayah Sidoarjo menjadikan tantangan tersendiri. “Kualitas air baku sungai semakin rendah karena terletak di daerah hilir. Selain itu kualitas air sumur yang merupakan air payau,” jelas Saiful Ilah.

Pemkab Sidoarjo menyambut baik prakarsa pembangunan fasilitas penjernihan air ini. Dia berharap fasilitas tersebut dapat membantu dalam peningkatan kualitas air bersih di Sidoarjo.

Kabag Kerjasama Lembaga Biro Administrasi Kerjasama Provinsi Jawa Timur Dodong Mediantoro mengatakan CPI Japan adalah salah satu lembaga patner Provinsi Jawa Timur. Lembaga internasional tersebut sangat aktif dalam memberikan dukungan bagi pembangunan Jawa Timur dibidang pendidikan, pemberdayaan masyarakat dan pertukaran budaya.

Sejak tahun 2011 sampai sekarang, CPI Japan telah mengimplementasikan program bea siswa bagi beberapa sekolah di Jawa Timur.”CPI Japan merupakan lembaga internasional nonprofit oriented, jadi tidak mencari keuntungan,”ujar Dodong.(st-12)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *