Kawasan Bungurasih Rawan Transit Kelompok ISIS

Maret 29, 2015
image

         (Ilustrasi)

(WARUterkini)-Kawasan Terminal Purabaya, di  Kecamatan Waru, Sidoarjo rawan sebagai tempat transit kelompok  teroris dan ISIS.

Kepala Kesbangpol Sidoarjo Yusuf Isnayanto mengatakan Terminal Purabaya saat ini termasuk salah satu kawasan di Sidoarjo yang dipantau oleh intelejen daerah. Sebab, kawasan itu kerap digunakan transit anggota islam radikal dan teroris.

Beberapa waktu lalu intelejen daerah mengendus adanya angota teroris yang terdeteksi sempat kos di salah satu rumah warga dekat terminal terbesar di Jatim itu. Sayangnya, ketika didatangi ternyata usdah lebih dulu hengkang.

Selain Terminal Purabaya, kawasan lain yang dipantau adalah, perbatasan Sidoarjo, seperti di Tarik, Porong dan Waru. Tiga kawasan ini juga rentan dijadikan persembunyian teroris dan ISIS karena mudah untuk pindah ke daerah lain.

Sejak maraknya jaringan ISIS di Indonesia akhir-akhir ini Kesbangpol dan Komunitas Intelejen Daerah (Kominda) sudah berkoordinasi dengan Camat.
Penghuni baru harus didata dan dimintai identitas.

Dalam hal ini, perangkat desa sampai RT harus lebih ketat terhadap pendatang baru. Hal ini untuk mengantisipasi adanya kelompok ISIS dan teroris.

Khusus untuk kawasan Terminal Purabaya mendapat pengawasan lebih. Kominds sudah menyebar intelejen di kawasan ini untuk memantau kondisi pemukiman di sekitar terminal.
     Sekedar diketahui, untuk menangkal teroris dan ISIS, Muspida sudah membentuk Komunitas Intel Daerah (Kominda). Kominda beranggotakan dari Kejaksaan, Kepolisian, TNI, BIN dan Pemkab Sidoarjo. (st-12)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *