Ribuan Batu Akik Dipamerkan, Langsung Diserbu Pengunjung

Maret 28, 2015
image

Ketua DPRD Sidoarjo H Sullamul Hadi Nurmawan saat membuka pameran akik di Lippo Plaza Sidoarjo

(SIDOARJOterkini)- Demam batu mulia (akik) juga mewabah di Sidoarjo. Agar bisa menyalurkan hasrat pecinta batu akik,  Paguyuban Pengusaha dan Pecinta Batu Mulia Indonesia (P3BMI)  Sidoarjo, pamerkan batu mulia dan permata di lantai II Lippo Plaza Sidoarjo Jumat (27/3/2015).

Pameran yang dibuka Ketua DPRD Sidoarjo H Sulamul Hadi Nurmawan, langsung diserbu pengunjung yang mendekat melihat dan membeli koleksi batu-batu di 11 stand tersebut.

Sedangkan harga batu mulia yang dipamerkan, nilainya variatif. Ada yang seharga Rp 100 ribu hingga senilai Rp 100 juta, seperti jenis batu paparaja Srilangka dengan ring jari emas putih.

Ada sebanyak 1500 batu mulia dan batu bongkahan berbagai jenis juga di pajang dalam etalase peserta pameran. Jenis batu mulia yang harganya puluhan juta keatas, bersertifikat Gem Research Internasional Lab (GRI).

Kordinator P3BMI Sidoarjo H. Mahmud Yunus, mengatakan digelarnya pameran batu mulia ini, karena warga Sidoarjo dan sekitarnya, banyak yang pecinta batu mulia. “Pecinta batu mulia, dari jaman dahulu sampai sekarang, sangat pesat. Batu mulia hasil kekayaan alam di Indonesia, sangat banyak jenisnya dan pecintanya tidak akan habis,” terangnya.

Pria yang akrap di sapa dengan abah Willy itu menambahkan, penjualan batu mulia, sejajar dan pantas di jual di level mall. Karena harga batu mulia, juga banyak tergolong harganya mahal dan bisa berkompetitif.

“Pameran akan digelar selama sebulan. Jika respon masyarakat terus tinggi, maka akan diteruskan pameran ini atau membuka stand di mall ini,” tandas seniman yang juga seorang tenaga pendidik itu.

Dia menyebutkan, batu yang dipamerkan, berbagai macam jenis. Kebanyakan dari kekayaan alam Indonesia. Seperti jenis bacan Maluku, kalsedon red baron Pacitan, jenis solar, hati ayam, kecubung, panca warna asal Kalimnatan, jenis kalimaya Banten dan lain sebagainya.

Demikian pula Ketua DPRD Sidoarjo H. Sulamul Hadi Nurmawan menyambut gembira pameran batu mulia dari berbagai daerah di Indonesia itu. “Ngomong soal batu mulia, sangat Indonesia banget. Indonesia ini kekayaan alamnya sangat banyak, termasuk didalamnya banyak terdapat jenis batu mulia yang nilainya berharga,” sambutnya.

Dia menjelaskan, menjadi pengrajin batu mulia, merupakan kreasi positif yang bisa membangkitkan ekonomi. “UMKM Ini perlu didukung oleh pemerintah,” saran politisi PKB itu.

Kedepan, pemerintah juga harus fokus dalam pengembangan masalah UMKM yang ada di Sidoarjo. “Kepedulian pemerintah harus tetap ada. Perhatian terhadap UMKM harus digenjot agar UMKM di Sidoarjo terus maju,” pungkasnya. (st-13)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *