Relokasi Kantor BPN, Disiapkan Dana Rp 6 Miliar

Maret 18, 2015
image

Kepala BPN Sidoarjo Nandang Agus Taruna

(SIDOARJOterkini)-Relokasi Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sidoarjo akan dimulai tahun ini. Pemkab Sidoarjo sudah mengalokasikan anggaran Rp 6 miliar.

Sebenarnya relokasi Kantor BPN sudah diajukan sejak tahun 2013 lalu. Awalnya akan menempati lahan di Jalan Lingkar Timur, namun kemudian dipindah ke daerah Sumput, Sidoarjo.

Kantor BPN Sidoarjo akan dibangun di kawasan Sumput, Sidoarjo. “Tahun ini akan dibangun karena sudah dianggarkan oleh Pemkab Rp 6 miliar,” ujar Kepala BPN Sidoarjo Nandang Agus Taruna.

Nandang mengakui saat ini kondisi kantor BPN sudah tidak memenuhi syarat. Dalam sehari ada sekitar 300 pemohon sertifikat.

Pada jam sibuk, antrian pemohon sampai keluar kantor. Padahal, BPN sudah menambah loket baru untuk pengurusan sertifikat yang diurus sendiri.

Dengan sudah disediakannya anggaran dari Pemkab Sidoarjo, tahun ini sudah harus mulai dibangun. “Dengan kantor yang representatif diharapkan bisa memaksimalkan pelayanan,” tandas Nandang.

Nandang juga mengakui jika di Sidoarjo kasus pertanahan cukup banyak. Selain tanah sengketa, yang mendominasi adalah permasalahan tanah gogol.

Terutama tanah gogol gilir yang selama ini. “Dari permasalahan tanah yang terjadi, 70 persen masalah tanah gogol,” aku Nandang.

Pemkab membelikan lahan untul BPN sebagai kontribusi  berasal dari Bea Peralihan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Pasalnya, dari pajak ini, Pemkab memperoleh pendapatan sekitar Rp 80 miliar hingga Rp 100 miliar setiap tahunnya.

Sudah selayaknya Pemkab Sidoarjo berkontribusi dalam pemenuhan pelayanan pertanahan. “Kalau kita lihat, kantor BPN sudah tidak layak. Sudah seharusnya direlokasi ke tempat yang representatif,” ujar Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo, Wisnu Pradono.

Wisnu menambahkan, nantinya eks kantor BPN tersebut bisa dimanfaatkan untuk kantor arsip daerah. Apalagi, kantornya bersebelahan dengan Kantor Perpustakaan dan Arsip Sidoarjo. (st-12)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *