Pembangunan Gedung Pemkab Delapan Lantai

Januari 30, 2015
Maket gedung pemkab delapan lantai

Maket gedung pemkab delapan lantai

* PU Cipta Karya Anggarkan Rp 12 M Untuk Bebaskan Lahan

(SIDOARJOterkini)- Tahun ini Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang menganggarkan dana Rp 12 miliar untuk pembebasan lahan untuk membangun kantor delapan lantai.

Gedung perkantoran pemkab itu akan menempati area kantor pemkab saat ini di Jalan Sultan Agung. Namun, ada dua rumah warga yang berada di komplek kantor pemkab.

Kepala Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang Sidoarjo, Agoes Boedi Tjahjono mengatakan tahun ini baru perencanaan dan pembebasan lahan. “Untuk perencanaan dan pembebasan lahan sudah dianggarkan Rp 12 miliar,” tegasnya.

Pembangunan gedung perkantoran delapan lantai sempat ditolak dewan. Namun, tahun ini pemkab sudah mematangkan pembangunan gedung untuk semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tersebut.

Gedung pemkab satu atap akan dibangun di komplek kantor kabupaten saat ini. Nantinya semua SKPD akan menempati gedung tersebut.

Perencanaan pembangunan tahun ini dilakukan untuk melihat kebutuhan anggaran maupun luasan pembangunan gedung tersebut. “Pembangunan gedung perkantoran terpadu memang sudah lama direncanakan, akan direalisasikan mulai tahun ini,” tandas Agoes Boedi Tjahjono.

Area kawasan perkantoran yang ada saat ini seluas 6 hektar. Namun demikian, masih diperlukan sejumlah pembebasan tanah karena masih ada lahan dan bangunan yang menjadi milik perorangan.

Kabid Pembangunan Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang Yudhi Kartikawan menambahkan, perencanaan tahun ini salah satunya meliputi revisi maket yang ada. Salah satunya terkait berapa tingkat gedung yang akan dibangun.

Jika gedung perkantoran itu melebihi delapan lantai harus ada ijin dari pusat. “Kami menargetkan tahun ini dua rumah milik perorangan itu bisa dibebaskan,” jelas Yudhi.

Pembangunan kantor satu atap, diharapkan bisa mengakomodasi semua SKPD. Diharapkan akan semakin memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Gedung yang akan dibangun dengan rancangan dua tower tersebut berada di kawasan perkantoran Pemkab Sidoarjo Jalan Sultan Agung. Saat ini di kawasan tersebut terdapat sejumlah SKPD yang sudah lama berdiri. (st-12)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *