121 Calon Ketua PAC Dites Tulis, 21 Kader Berebut Ketua DPC PDIP Sidoarjo

Januari 25, 2015
Sebanyak 121 bakal calon Ketua PAC PDIP Sidoarjo saat mengikuti tes tulis (fit and propertest)

Sebanyak 121 bakal calon Ketua PAC PDIP Sidoarjo saat mengikuti tes tulis (fit and propertest)

(WONOAYUterkini)- Sebanyak 21 nama bakal calon Ketua DPC PDIP Sidoarjo sudah diserahkan ke DPD PDIP Jatim. Nantinya, ada lima calon yang akan diserahkan DPP PDIP untuk diambil tiga orang.

Tiga orang yang ditunjuk DPP PDIP kemudian akan bermusyawarah menentukan ketua, sekretaris dan bendahara. “Kalau tiga kader yang dipilih tidak ada kata sepakat. Maka akan langsung ditunjuk oleh DPP,” ujar Wakil Ketua DPC PDIP Sidoarjo, Tarkit Erdianto.

Dari 21 nama yang diserahkan ke DPD, diantaranya, Ketua DPC PDIP Sidoarjo, Imam Supii, Tito Pradopo, Wijono, Sumi Harsono, Taufik Hidayat Triyudhono (Sekretaris DPC PDIP Sidoarjo), Tarkit Erdianto dan lainnya.

Calon ketua DPC yang diserahkan ke DPD cukup banyak karena mekanisme pemilihan lebih bebas. Kader yang nempunyai hak suara bisa mencalonkan dan dicalonkan.

Demikian pula dengan calon Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) jumlahnya lebih banyak. Bahkan, ada sebanyak 121 calon Ketua PAC PDIP se-Kabupaten Sidoarjo mengikuti tes tulis di gedung SMP Panca Bhakti di Desa Jimbaran Kulon Kecamatan Wonoayu, Minggu (25/1).

Jumlah itu berasal dari 166 nama yang sudah dikirim oleh DPC PDIP Sidoarjo ke DPD PDIP Jawa Timur. “Ada 45 calon ketua PAC yang tidak hadir untuk mengikuti tes tulis,” ujar panitia Fit and Proper Tes dari DPD PDIP Jawa Timur, Hakim Yunizar.

Materi tes yakni tentang pidato Bung Karno 1 Juni 1945, AD/ART partai dan pengetahuan umum. Tes tulis bertujuan untuk mengetahui sejauh mana para kader menguasai ideologi dan organisasi PDIP.

Uji kelayakan dan kepatutan bakal calon PAC PDIP ini digelar oleh DPD PDIP Jawa Timur di seluruh kabupaten/kota se-Jatim, yakni 38 Kota/Kabupaten. “Tes sudah hampir rampung digelar, saat ini tinggal beberapa kota/kabupaten saja,” jelas Sekretaris Departemen Hukum dan HAM DPD PDIP Jawa Timur ini.

Hasil tes ini nantinya akan menjadi salah satu penilaian pengurus DPD PDIP Jatim untuk memilih tiga nama calon ketua PAC PDIP yang akan ditetapkan dengan musyawarah mufakat untuk menjadi ketua PAC PDIP terpilih dalam forum 18 Musyawarah Anak Cabang (Musancab).

Sekretaris DPC PDIP Sidoarjo Taufik Hidayat Triyudhono menjelaskan, pihaknya hanya sebatas memfasilitasi kegiatan tes tulis calon PAC PDIP itu, agar berjalan lancar dan tanpa kendala. Sebab kegiatan itu merupakan wewenang pengurus DPD PDIP Jawa Timur. “Soal, pengawas ujian termasuk pengoreksian hasil tes tulis dilakukan DPD. Kami hanya membantu tempat penyelenggaraan,” jelas politisi yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo. (st-14)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *