Tanggul Lumpur Jebol Lagi

image

(PORONGterkini)- Akibat derasnya hujan yang melanda wilayah Sidoarjo, tanggul lumpur di titik 73 B Desa Kedungbendo, Kecamatan Tanggulanginbjebol lagi. Lumpur berwarna pekat itu mengalir ke arah timur menuju pemukiman warga di Desa Gempolsari.

Akibatnya, pemukiman penduduk yang hanya berjarak 500 meter dari tanggul terendam lumpur lagi hingga setinggi lutut. Padahal, Selasa (16/12/2014)

Puluhan warga yang rumahnya terendam lumpur terpaksa mengungsi di balai desa setempat. Pagi kemarin sebagian dari mereka kembalj ke rumahnya karena lumpur surut. Tapi, kini tanggul jebol lagi dan merendam rumah warga.

Humas Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) Dwinanto Hesti Prasetyo mengatakan pasca hujan deras, tanggul titik 73 B jebol lagi sekitar pukul 14.30 WIB. Kali ini, tanggul itu jebol sekitar 4-5 meter, terdapat lubang ditengah tanggul yang menjadi saluran air lumpur.

Dwinanto menambahkan, tanggul ini jebol lagi karena volume air cukup banyak. Aliran lumpur mencari titik lemah, lalu meluber kemudian jebol.

Sebenarnya pengerukan dan pembuangan air lumpur terus dilakukan sampai hari ini. Namun karena volume air lumpur dari pusat semburan sekaligus hujan deras, maka tanggul penahan itu tak mampu menahan, sehingga jebol lagi. (st-12)