Pemkab Beri Penghargaan Kepada Tjiwi Kimia dan 119 Perusahaan

Desember 10, 2014
Ekbis Headline Indeks   12 views

IMG_4728.JPG
Wakil Bupati Sidoarjo, HMG. Hadi Sutjipto, SH, MM, secara simbolis menyerahkan penghargaan kepada H. Edwin Suryalaksana Direksi PT Tjiwi Kimia di Pendopo Delta Wibawa. (editor : kaji dar)

(SIDOARJOterkini)-Pemkab Sidoarjo memberikan penghargaan kepada PT Tjiwi Kimia dan 119 perusahaan lainnya. Penghargaan ini diberikan karena perusahaan itu sudah berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian di Sidoarjo.

Selain itu, penghargaan juga sebagai wujud ucapan terimakasih karena telah memilih Kabupaten Sidoarjo untuk berinvestasi. “Penghargaan ini sebagai wujud terimakasih, karena perusahaan itu sudah percaya untuk berinvestasi di Sidoarjo,” ujar Wakil Bupati Sidoarjo HMG.Hadi Sutjipto.

Secara simbolis penghargaan itu diserahkan kepada 10 perusahaan oleh Hadi Sutjipto dalam acara Malam Kebersamaan Pelaku Usaha dan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo di Pendopo Delta Wibawa, beberapa hari lalu.

Hadi Sutjipto mengatakan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sidoarjo terus meningkat. Bahkan, pertahunnya, rata-rata diatas 7%. Semua itu tidak terlepas dari kerja keras semua pihak. “Pemerintah sebagai fasilitator dan dinamisator dan pengusaha serta masyarakat sebagai pelaku dalam pembangunan ekonomi,” jelasnya.

Kabupaten Sidoarjo sebagai daerah industri, berkontribusi terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) mencapai 45,85%. Kontribusi yang hampir mencapai 50% menunjukkan bahwa sektor industri merupakan economic base dan merupakan sektor yang dominan.

Dari data yang ada, jumlah industri di Kabupaten Sidoarjo terus bertambah tiap tahunnya. Tercatat pada tahun 2013 jumlah industri besar ada sebanyak 363 perusahaan. Untuk industri menengah ada sebanyak 2.037 sedangkan industri kecil sebanyak 14.145. Industri tersebut tersebar di seluruh wilayah Sidoarjo. Terutama di wilayah yang sudah ditetapkan peruntukannya sebagai daerah industri dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Pertumbuhan ekonomi yang terjadi sangat berdampak pada kehidupan penduduk Sidoarjo. Dengan kondisi ekonomi yang lebih baik, menunjang kesejahteraan masyarakat Sidoarjo. Untuk itu ia berharap kepada para pengusaha yang ada untuk berinvestasi yang lebih besar lagi di Kabupaten Sidoarjo.

Menghadapi diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tahun depan, Hadi Sutjipto meminta para pengusaha untuk saling bersinergi. Baik pengusaha besar, menengah maupun pengusaha kecil diharapkan bekerjasama dan saling membantu.

Diberlakukannya MEA tahun 2015 merupakan peluang pasar yang harus dihadapi dalam satu tahun kedepan. MEA juga merupakan tantangan yang tidak hanya bersifat internal dalam negeri. Tetapi juga persaingan dengan luar negeri seperti China dan India.

Dengan kerjasama dan saling membantu, Hadi Sutjipto yakin para pengusaha di Sidoarjo akan berhasil dan sukses memanfaatkan peluang dan tantangan pasar MEA mendatang. “Dengan bersatu padunya para pengusaha dan dukungan pemerintah dan masyarakat Sidoarjo, saya yakin kita bisa bersaing dalam MEA,” pungkasnya.

Direktur PT Tjiwi Kimia Sidoarjo H. Edwin Suryalaksana mengatakan Kabupaten Sidoarjo adalah salah satu tempat yang paling ramah untuk berinvestasi. Karena pemkab sangat mendukung pengembangan dunia usaha.

Edwin menambahkan, seperti urusan perizinan dalam pengembangan usaha yang mudah menjadi buktinya. Bahkan, hal itu sudah dibuktikan sendiri dalam mengurus izin-izin perluasan perusahaan.

Seperti izin mendirikan bangunan, izin gangguan maupun izin pemakaian air tanah diurusnya dengan mudah tanpa ada kendala. “Dukungan pemkab terhadap dunia usaha harus dikembangkan, sehingga pertumbuhan ekonomi di Sidoarjo merata dan pertumbuhan ekonomi semakin hebat lagi,”ujarnya. (st-12)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *