Hadiri Paripurna Dewan, Bupati Molor Tiga Jam

November 26, 2014
Undangan paripurna menunggu lama karena bupati tak kunjung datang

Undangan paripurna menunggu lama karena bupati tak kunjung datang

 

* Kebiasaan Sering Telat Berlanjut

(SIDOARJOterkini)-Para undangan rapat Paripurna agenda nota masuk RAPBD 2015 yang diajukan eksekutif ke legislatif, Selasa (25/11/2014), banyak yang menggerutu. Sebab, Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah, SH, M. Hum terlambat menghadiri rapat paripurna tersebut.

Tak tanggung-tanggung, bupati terlambat hampir 3 jam usai mengikuti kegiatan dana bergulir bagi UMKM yang digelar Disperindag, Koperasi dan UMKM Sidoarjo di Pendopo Kabupaten.
Tentu saja membuat capek dan jenuh para undangan yang sudah hadir sejak pukul 09.00 WIB, sesuai dengan undangan. Yang disiplin hadir tamu undangan dari Perwira TNI/Polri dalam undangan rapat paripurna nota masuk RAPBD 2015 dan pengumuman anggota Panitia Khusus (Pansus) Lumpur Lapindo yang diusulkan fraksi-fraksi.
Sementara bupati hadir sekitar pukul 11.41 WIB. Jika undangan jam 09.00 WIB, maka hampir 3 jam orang nomor satu di Pemkab itu molor rapat. Padahal, sebelumnya bupati juga ditegur Menhub (Menteri Perhubungan), Ignasius Jonan karena terlambat saat lounching KA Perintis Jenggala jurusan Sidoarjo-Mojokerto di stasiun KA Sidoarjo, Senin (24/11/2014).
Begitu tiba dilantai 2 gedung dewan, bupati disambut Ketua Dewan, H. Sullamul Hadi Nurmawan, Wakil Ketua Dewan, Emir Firdaus dan HM. Rifai tidak langsung masuk ruang rapat paripurna. Tapi terlebih dulu singgah diruang tunggu VIP ketua dewan. Baru beberapa menit, protokol dewan mengumumkan agar para undangan untuk masuk ruang paripurna, karena bupati sudah hadir.
Ketika itulah tampak raut wajah para undangan terutama perwakilan komandan kesatuan TNI/Polri, tampak marah. Bahkan ada yang berucap,”wah-wah, payah,”ucapnya sambil menuju tempat duduk rapat.
Sementara anggota dewan saat menunggu kehadiran bupati. Wakil rakyat itu menempati ruang kerja komisi masing-masing. Meskipun saat sidang paripurna dimulai dipimpin oleh ketua dewan, hanya 17 anggota dan 3 pimpinan yang hadir.

Namun beberapa menit kemudian menyusul 11 anggota dari samping ditambah lagi Juanasari dan Eny Suryani dari FD yang masuk terakhir ruang paripurna. Dari pimpinan yang tidak hadir Taufik Hidayat Wakil Ketua Dewan dari FPDIP, karena menghadiri acara di pendopo Delta Wibawa.

Sementara para pejabat pemkab yang tidak hadir kemarin, Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo, HMG. Hadi Sutjipto, SH, MM, Sekkab H. Vino Rudy Muntiawan, Kepala DPPKA, Djoko Sartono dan Ketua Bappeda, Ir. Sulaksono.
Meski bupati terlambat cukup lama, anggota dewan yang menggerutu hanya sedikit. Bahkan anggota dewan setia menunggu pimpinan eksekutif tersebut. Ada apa antara Legislatif dan Eksekutif begitu harmonis dalam pembahasan RAPBD 2015 ini?

Sementara salah satu pimpinan dewan saat dikonfirmasi seputar keterlambatan bupati, mengakuinya. Pimpinan dewan membenarkan jika undangan rapat paripurna dimulai sejak pukul 09.00 WIB. (St-kaji dar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *