Bupati Ditugasi Menhub Bebaskan Lahan Rel KA

November 25, 2014
Ekbis Headline Indeks   9 views

 

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah bersama Menhub Ignasius Jonan

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah bersama Menhub Ignasius Jonan

(SIDOARJOterkini)- Bupati Sidoarjo Saiful Ilah diserahi tugas pembebasan lahan untuk rel Kereta Api (KA) melintasi Sidoarjo, Tulangan dan Pasuruan. Pasalnya, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan sudah menginstruksikan pembebasan lahan itu.

Saiful Ilah mengatakan, Menhub sudah memintanya untuk membantu pembebasan lahan untuk rel KA itu. “Khususnya di wilayah Sidoarjo secepatnya akan saya lakukan permintaan Menhub itu,” ujarnya.

Permintaan Menhub itu disampaikan setelah launching KA Perintis Jenggala jurusan Sidoarjo-Mojokerto di stasiun KA Sidoarjo, Senin (24/11). Setelah peresmian KA, Saiful Ilah mengaku bertemu lagi dengan Ignasius di Bandara International Juanda.

Dalam pertemuan tersebut, Ignasius meminta agar rute Sidoarjo menuju Pasuruan dibantu untuk proses pembebasan lahan. Untuk jalur Tulangan-Pasuruan memang masih mengalami kendala pembebasan lahan.

Sejumlah lahan di Sidoarjo yang akan digunakan untuk KA masih belum terbebaskan. “Kami nanti akan berkoordinasi dengan Daop VIII terkait daerah mana yang belum rampung pembebasannya,” jelas Saiful Ilah.

Difungsikannya rute KA Sidoarjo-Tulangan-Pasuruan sebenarnya memang sangat penting. Terlebih lagi kondisi rel KA Porong yang sering ambles akibat terdampak lumpur.

Jika nantinya, jalur baru itu telah selesai dibuat, KA yang melintas di Porong bisa langsung melewati Tulangan. Namun jika kondisi rel KA Porong masih aman, tetap melewati jalur biasanya.

Penyelesaian proyek rel KA di sisi selatan itu harus menyelesaikan ganti rugi di sejumlah lahan milik Sidoarjo. Nantinya, KA yang akan melintas pada jalur baru yakni dari Surabaya-Sidoarjo- Tulangan-Krembung sampai Gunung Gangsir Pasuruan hanya akan bertambah satu jam dibandingkan jalur KA melewati Porong.

Rute untuk ke Pasuruan sebenarnya sudah ditentukan oleh Daop VIII. Namun, Pemkab juga akan mengawal proses pembebasan sehingga target penyelesaian pembebasan lahan dengan dana APBN tersebut.

Sebenarnya, relokasi rel KA Sidoarjo-Pasuruan akan dijadikan satu dengan pembebasan lahan untuk jalan arteri Porong yang letaknya 2 km dari lumpur. Namun, berdasarkan kajian ternyata kawasan itu belum cukup aman.

Saiful Ilah menganggap pemikiran Menhub memberi solusi tepat. Dalam pertemuan dengan Menhub yang penuh senda gurau itu, keduanya berbagi tugas. Saiful yang meresmikan pemberangkatan Jenggala.

Jonan langsung menuju ke Tower Juanda untuk bertemu dengan jajaran Menhub. bupati akhirnya juga menyusul ke Tower. Saiful menjadi kaget dengan munculnya pemberitaan seolah-olah Menhub menegur dirinya yang terlambat hadir dalam peluncuran KA Jenggala. (st-12)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *