Dinkes Tak Berani Terapkan BLU Pada Puskesmas

November 19, 2014

 

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah saat memberi bantuan kepada warga tak mampu dalam peringatan HKN

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah saat memberi bantuan kepada warga tak mampu dalam peringatan HKN

(SIDOARJOterkini)- Keinginan Bupati Sidoarjo Saiful Ikah agar puskesmas menjadi badan layanan umum (BLU) tak terwujud. Pasalnya,  Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo belum berani menerapkan BLU terhadap 26 Puskesmas ada di Sidoarjo.

Bahkan, Puskesmas di Sidoarjo dianggap masih belum siap dan memerlukan pendampingan sistem penyusunan keuangan, administrasi dan layanan kesehatan yang saat ini ada. Kondisi seperti inilah yang membuat puskesmas belum bisa menjadi BLU.

Kepala Dinkes Sidoarjo Ika Harnasti mengatakan, saat ini yang telah menjadi BLU hanya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidoarjo saja. Sebanyak 26 puskemas yang ada di Sidoarjo belum satupun yang menerapkan BLU.

Ika menambahkan, untuk menjadi BLU harus secara bertahap untuk menyiapkan menjadi BLU. “Tidak bisa langsung semuanya, bertahap yang siap dulu didahulukan,” ujarnya di sela peringatan Hari Kesehatan Nasional di Pendapa Delta Wibawa, Rabu (19/11/2014).
Pada saatnya nanti, lanjut Ika, puskesmas di Sidoarjo akan menerapkan sistem BLU. Namun, pihaknya belum bisa memastikan kapan hal tersebut akan direalisasikan. “Harus melalui proses yang matang agar tidak amburadul jika dipaksakan,” terangnya.
Terpisah, Ketua komisi D DPRD Sidoarjo Usman mengaku pihaknya sudah mendesak Dinkes agar Puskesmas menjadi BLU. Untuk merealisasikan itu, saat ini Komisi D masih “belajar” di Balikpapan terkait mekanisme BLU yang rencananya akan diterapkan di puskesmas Sidoarjo. “Kami akan pelajari untuk diterapkan di Sidoarjo,” ucapnya.
Sat ini di Balikpapan seluruh Puskesmas sudah menjadi BLU meski sarana dan prasarananya tidak selengkap dan sebaik di Sidoarjo. “Karena itu tinggal kemauan saja,” tegas Usman.

Penerapan BLU terhadap Puskesmas tidak bisa dilakukan secara bertahap. Karena hal itu akan menimbulkan kecemburuan antar puskesmas. Sebab puskesmas yang sudah menerapkan BLU akan mampu memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada para pasiennya. (st-14)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *