Kontraktor Hitam Garap Gedung Autis Center

November 7, 2014
Gedung autis center yang saat ini sedang dibangun ternyata bermasalah

Gedung autis center yang saat ini sedang dibangun ternyata bermasalah

(SIDOARJOterkini)-Pembangunan gedung Autis Center di Jalan Pahlawan, Sidoarjo ternyata bermasalah. Rekanan yang menggarap proyek diketahui menggunakan persero yang di blacklist oleh Pemkab Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar).
Seharusnya, rekanan yang masuk daftar hitam tidak boleh mengikuti tender apapun sampai status blaclist-nya dicabut oleh lembag terkait. Ternyata, PT Widya Satrya beralamat di Jalan Ketintang bisa lolos dan menang lelang pembangunan gedung Autis Center yang diumumkan oleh Unit Layanan Pelelangan (ULP) Pemkab Sidoarjo.
Lolosnya PT Widya Satrya sebagai pemenang tender gedung Autis Center Rp 3,4 miliar tersebut membuat beberapa pihak kaget. Apalagi, setelah pekerjaan bangunan selesai diatas 75 persen baru diketahui jika rekanan masuk daftar hitam.
Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Sidoarjo, Mustain Baladan mengaku kecewa atas lolosnya kontraktor yang sudah diblaclist dalam lelang pembangunan gedung Autis Center itu. Bahkan, Mustain mengancam tidak akan mencairkan anggaran pembangunan gedung tersebut jika status rekanan masih diblacklist.
Dalam pembangunan gedung Autis Center, Mustain mengaku tidak ikut menjadi penanggungjawab karena langsung ditangani Pokja (Kelompok Kerja) tersendiri. “Saya minta Pokja yang menangani tidak mencairkan uang pembayarannya, sebelum ada surat keterangan dari LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan dan Jasa Pemerintah) status blacklist rekanan sudah dicabut,” tandasnya.
Pembangunan gedung Autis Center tersebut mendapat bantuan dari pemerintah pusat sebesar Rp 3,8 miliar. Dalam lelang akhirnya dimenangkan PT Widya Satrya sebesar Rp 3,4 miliar yang bersaing dengan puluhan rekanan lainnya.
Rencananya, Pemkab Sidoarjo akan meneruskan pembangunan gedung dua tingkat tersebut dengan dana dari APBD 2015 sebesar Rp 3 miliar. Untuk pembangunannya kali ini ditangani Pokja yang diketuai Kabid Pendidikan Luar Sekolah Dispendik Sidoarjo, Joko Supriyadi. “Saya masih di luar, nanti saja kalau mau konfirmasi,” ujar Joko Supriyadi. (st-12)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *