Pembebasan Lahan Tol SuMo Akhirnya Tuntas

November 5, 2014
Ekbis Headline Indeks   54 views
Ketua TPT tol SuMo menunjukkan peta tol yang menghubungkan Surabaya-Mojokerto

Ketua TPT tol SuMo menunjukkan peta tol yang menghubungkan Surabaya-Mojokerto

(SIDOARJOterkini)- Pembebasan lahan untuk tol Surabaya-Mojokerto (SuMo) di wilayah Sidoarjo segera tuntas. Pasalnya, sudah ada kesepakatan relokasi Masjid Sabilun Najah, di Desa Bebekan, Kecamatan Taman.

Tim Pengadaan Tanah (TPT) tol Sumo menemukan tanah pengganti. Meski nilai anggaran yang dikeluarkan untuk membayar tanah dan membangun masjid cukup banyak..

Ketua TPT tol SuMo sesi 1 Achmad Purwanto mengatakan, relokasi Masjid Sabilun Najah di Desa Bebekan awalnya menemui kendala. Tak lain karena sulitnya mencari lahan pengganti.

Akhirnya menyepakati untuk membeli lahan sekitar 200 meter dari Masjid. Lahan tersebut milik enam orang yang luasnya mencapai 600 meter persegi.

Luas lahan itut dua kali lipat dibandingkan lahan masjid Sabilun Najah yang hanya sekitar 257 meter persegi. TPT juga harus mengeluarkan anggaran mencapai Rp 4,3 miliar untuk membeli tanah serta membangun masjid baru di kawasan tersebut.

Achmad Purwanto menambahkan, dari taksiran tim apresial nilai tanah dan masjid Sabilun Najah sebenarnya hanya Rp 2,4 miliar. Sedangkan untuk relokasi masjid dan lahannya Rp 4,3 miliar.

Pembangunan masjid baru, lanjut pria yang akrab disapa Totok itu, berbarengan dengan relokasi masjid Sabilun Najah. Masjid yang berada di jalur tol SuMo sesi 1 tersebut akan segera dirobohkan berbarengan dengan pembangunan masjid baru yang juga berada di Desa Bebekan.

Totok menjelaskan, pembangunan tol SuMo seksi 1 untuk kawasan Sidoarjo hanya terbentur oleh masjid Sabilun Najah. Jika masjid tersebut bisa direlokasi, maka pembebasan lahan di Sidoarjo sudah rampung. “Kami targetkan selesai pembebasan lahan pada 2014 ini,” tegasnya.

Luas lahan tol SuMo sesi 1 seluas 58,76 hektar dengan panjang 6,6 kilometer dan anggarannya sekitar 524 miliar. Tol SuMo sesi 1 mencakup wilayah Surabaya-Sidoarjo yakni, Waru-Sepanjang-Bebekan-Karangpilang-Waru Gunung dan Sumur Welut.

Saat ini progers pembangunannya mencapai 85 persen. Termasuk Masjid Sabilun Najah yang ikut dalam 15 persen sisa progress yang belum dibebaskan. “Untuk pembangunan tol SuMo ditangani Jasa Marga, kita hanya membebaskan lahannya saja,” tandas Totok. (st-14)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *